Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Sep 2016 14:47 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan Akhir Pekan di Karawang, Wajib Mampir ke Puncak Sempur

Novia Kristina
d'travelers
Foto 1 dari 5
Papan selamat datang
Papan selamat datang
detikTravel Community - Karawang ternyata punya satu destinasi hits, yang pemandangannya juara. Puncak Sempur, jadi lokasi yang pantang dilewatkan bila liburan akhir pekan ke Karawang

Kalau mendengar Kota Karawang pasti yang terpikir penghasil beras atau goyang Karawang. Namun ternyata, ada kecantikan alam tersembunyi di Karawang yaitu Puncak Gunung Sempur. Pegunungan yang cantik dan hijau ini bisa membuat pikiran jadi segar kembali.

Gunung ini terletak di Daerah Loji, Kabupaten Karawang. Rute yang ditempuh yaitu sekitar 1 jam dari Kota Karawang melewati jalur Badami menuju Pasar Loji. Sampai di pertigaan Pasar Loji akan ada papan petunjuk.

Ambil jalur kanan ikuti papan petunjuk menuju Wisata Gunung Sangga Buana, kemudian belok kiri setelah ada papan petunjuk Wisata Gunung Sangga Buana. Ikuti jalan yang berkelok- kelok dan naik turun. Sungguh memacu adrenalin buat yang hobi petualang naik motor!

Setelah sampai tempat wisata Sangga Buana, kita masih harus naik lagi ke atas, karena puncak Sempur berada di ujung. Walaupun ketinggiannya hanya sekitar 712 mdpl, tapi buat yang suka petualangan cocok sekali dan pemandangan dari puncak ini juara deh buat mengobati kepenatan habis bekerja.

Rutenya cukup mudah karena jalan besar hanya satu dan di setiap pertigaan terdapat papan petunjuk. Jalanan juga termasuk sudah baik hanya perlu hati-hati sering ada perbaikan jalan. Oh iya, setelah sampai di puncak akan ada pos pemberhentian untuk parkir.

Biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Sedangkan untuk masuk ke kawasan puncak, Anda harus membayar lagi Rp 10.000 per orang.

Lokasi ini sering dijadikan tempat camping ataupun acara gathering dan tentunya bagi Anda yang suka berselfie di atas puncak.  Banyak muda-mudi yang datang di siang hari, sehingga saran saya lebih baik datang lebih pagi, karena udara masih segar dan pemandangan jauh lebih asri.

Sungguh petualangan kali ini benar-benar memberi kesegaraan tersendiri. Karena saat melihat kota dari atas dan udara dingin juga sejuk, membuat kita betah berlama-lama berada di Puncak Sempur ini.  Dari puncak ini juga bisa melihat Kota Bogor dan Cianjur loh.

Di sini juga ada warung-warung yang menjual makanan dan minuman, atau sekedar untuk tempat melepas lelah sebelum menuju puncak. Namun menurut saya pribadi tempat sebagus ini masih butuh perhatian Pemda setempat karena jalanan yang masih belum semua di aspal, dan kurangnya tempat sampah. Sayang kan kalau nanti Puncak Sempur ini jadi primadona baru tapi ada sampahnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA