Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Nov 2016 10:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tempat Ini Dipercaya Sebagai Dasar Pulau Jawa

Foto 1 dari 3
Desa Kalimuncar, Batu Basalt dan Batu Rijang
Desa Kalimuncar, Batu Basalt dan Batu Rijang
detikTravel Community - Karangsambung di Kebumen, Jawa Tengah dipercaya sebagai dasarnya Pulau Jawa jutaan tahun silam. Bila penasaran, traveler bisa mampir untuk kisah lengkapnya.

Karangsambung di Kebumen merupakan destinasi wisata geologis yang menarik. Terdapat campur aduk batuan yang sedemikian rupa karena adanya proses geologi selama kurun waktu jutaan tahun yang lalu

Karangsambung merupakan daerah yang berada di Kebumen, Jawa Tengah yang dapat ditempuh kurang lebih 4 jam dari Jogja. Di sini kita dapat bermain sambil belajar dengan alam. Karangsambung ini dahulunya merupakan dasar samudra yang mengalami pengangkatan.

Menurut teori tektonik lempeng, kulit bumi tersusun oleh lempeng-lempeng yang bersifat mobile, bergerak satu sama lain saling menjauh, berpapasan atau bertabrakan. Kecepatan pergerakan lempeng ini diketahui rata-rata 10 cm per tahun.

Bila dua lempeng bertabrakan pada zona pertemuan dua lempeng, maka akan terjadi akumulasi batuan yang berasal dari kedua belah pihak, batuan lempeng benua dan batuan lempeng samudra.

Peneliti Geologi Belanda, R.D.M. Verbeek dan R. Fennema pada tahun 1881, menemukan batuan tua yang biasa disebut sebagai batuan Pra-Tersier.

Pada Daerah Kalimuncar ini dapat dilihat terdapat jenis batuan yang berbeda namun berdekatan, bagian utara terdapat batu basalt dan bagian selatan terdapat batu rijang. Batu basalt sendiri memiliki struktur pillow lava. Batuan ini dahulunya berada pada kedalaman kurang lebih 5000 meter dibawah laut, yang sekarang mengalami pengangkatan menjadi daratan

Daerah Pucangan ditemukan singkapan serpentinit yang tergolong batuan metamorf, batuan ini berasal dari batuan beku ultrabasa yang mengalami proses metamorfosisme/hidrasi oleh air laut

Terdapat pula singkapan Diabas yang berstruktur columnar joint, struktur tersebut disebabkan oleh pendinginan yang terjadi secara cepat

Kuliah sambil main di alam itu memang asik, kalau ada yang pengen tahu lebih dalem lagi tentang tanah dasar pulau jawa ini langsung main ke lapangan aja atau ke kampus LIPI, disana ada pakarnya tentang seluk beluk Karangsambung kok.

Yuk, jangan cuma bisa main-main tanpa mempelajari hal-hal yang ada di sekitar kita.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bunaken Memang Keren!

Minggu, 26 Mei 2019 10:56 WIB

Taman laut Bunaken merupakan primadona wisata Manado. Banyak orang bilang belum ke Manado jika belum ke Bunaken yang memang keren.

Jebakan di Jalur Sepeda

Minggu, 26 Mei 2019 08:55 WIB

Jalur sepeda di pedestrian adalah hal yang positif seperti di Bogor. Tapi kalau bisa, jalurnya jangan menabrak pohon dong.