Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Nov 2016 11:21 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terhalang Kabut Saat Mendaki Gunung Sipiso-Piso

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Gunung Sipiso-Piso sebelum berkabut
Gunung Sipiso-Piso sebelum berkabut
detikTravel Community - Gunung Sipiso-piso jadi destinasi wisata menarik di Kabupaten Karo, Sumut. Namun sayang, kabut kerap turun dan menghalangi pemandangan gunung indah ini.

Tidak selamanya perjalanan wisata yang telah kita rancang itu sukses, terkadang ada hal-hal yang membuat perjalanan tersebut gagal atau terasa kurang sempurna. Baik karena faktor kita sendiri yang kurang persiapan maupun faktor alam dan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Hal ini pulalah yang terjadi pada perjalanan saya saat mendaki Gunung Sipiso-Piso. Namun, meski perjalanan tersebut terasa tidak sempurna, tetapi saya tetap menikmatinya. Gunung Sipiso-Piso atau lebih dikenal dengan nama Bukit Gundul di kalangan komunitas pencinta alam Sumatera Utara adalah sebuah gunung cantik dengan ketinggian mencapai 1900 mdpl yang berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Gunung ini terbentuk dari batuan lava andesite atau akibat aliran magma yang terdapat di bawah permukaan bumi dan mengalir ke permukaan bumi membentuk kerucut Gunung Sipiso-Piso. Peristiwa ini diperkirakan terjadi setelah proses pengangkatan Pulau Samosir. Artinya gunung ini lebih muda dari Pulau Samosir.

Puncak Gunung Sipiso-Piso dapat dicapai dengan trekking selama 2 jam. Jalur menuju puncak telah dibangun dengan baik dan bahkan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Di puncak gunung pun telah tersedia beberapa fasilitas seperti toilet dan gazebo khas Karo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat mendirikan tenda.

Dari puncak gunung ini tersaji pemandangan indah tiada tara ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Dari sini kita bisa melihat luasnya Danau Toba dan pegunungan yang bebaris dengan indahnya. Beberapa gunung-gunung tinggi di Sumatera Utara pun terlihat dari atas bukit ini. seperti Gunung Sibuaten, Gunung Pusuk Buhit yang ada di Samosir serta Gunung lainnya.

Sayangnya saat saya sampai ke puncak gunung ini, turun kabut atau awan yang cukup tebal sehingga membuat jarak pandang menjadi berkurang. Bahkan setelah beberapa saat kabut tersebut menjadi semakin pekat sehingga jarak pandang hanya menjadi sekitar 5 meter saja.

Akibatnya saya tidak bisa menikmati keindahan alam yang tersaji dari atas gunung ini. menyedikan memang, namun suatu hari nanti saya akan kembali mendaki gunung ini dan saya berharap pendakian tersebut sukses tanpa ada kendala.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.