Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Okt 2016 15:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Samudera Awan dari Puncak Gunung Batur

Ni Kadek Yuni S
d'travelers
Foto 1 dari 5
Samudera awan berbalut sunrise menambah kecantikan Gunung Batur
Samudera awan berbalut sunrise menambah kecantikan Gunung Batur
detikTravel Community - Mendaki menuju puncak Gunung Batur, telah tersaji pemandangan yang takkan terlupa. Dari puncak, kumpulan awan yang seperti samudera pun terlihat.

Dari informasi yang didapat, gunung ini telah beberapa kali meletus dan terakhir meletus pada tahun 2004. Di balik cerita letusannya, Gunung Batur terkenal dengan keindahan sunrise dan samudera awannya.

Ingin naik gunung atau ingin tahu rasanya mengejar awan, seperti mimpi kita waktu kecil. kalian bisa mewujudkan mimpi itu dengan mendaki gunung. Referensinya jika mengunjungi Pulau Bali adalah Gunung Batur, karena gunung ini tidak terlalu tinggi dan bisa jadi latihan bagi pendaki pemula. Gunung Batur memiliki tinggi 1.717 Mdpl.

Dari bandara menuju lokasi Gunung Batur adalah 2 jam ditempuh dengan jarak 83 km. Perjalanan dari bandara menuju Jalan Baypas Ngurah Rai dilanjukan dengan Baypas Ida Bagus Mantra Menuju Ds. Penelokan lalu ke Pos Pendakian Toya Bungkah.

Disarankan untuk pendakian sekitar jam 02.00 pagi hari Ada 2 opsi yaitu menginap di sekitar jalan yang berdekatan dengan Gunung Batur atau berangkat jam 00.00 malam dari pusat kota. Sebelum pendakian kita wajib mendaftarkan diri dan registrasi di pos pendakian yang berada dekat Toya Bungkah, serta membayar iuran registrasi Rp 10.000.

Fasilitas di pos pendakian ini lengkap, terdapat parkiran mobil, motor yang luas, toilet umum, terdapat gazebo untuk istrahat yang dilengkapi TV, dan colokan untuk charger serta terdapat tongkat dari bambu yang berguna untuk pendakian. Jika ingin mendaki dengan guide harga standarnya sekitar Rp 50.000 per orang atau kelipatanya.

Waktu yang ditempuh untuk mengejar samudera awan yaitu 2,5 jam dengan medan tanjakan batu serta pasir. Sebelum mencapai puncak terdapat 3 pos pendakian yang bisa digunakan istrahat. Sesampainya di puncak kita dapat merasakan kabut dengan suasana menjelang terbitnya matahari berbalut samudera awan yang sangat mempesona.

Perjuangan yang tak akan mengecewakan hasil, pemandangan Gunung Abang dari kejauhan, Bukit Penelokan serta birunya Danau Batur. Ayo siapkan diri, cobalah mendaki Gunung Batur.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA