Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Nov 2016 13:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inilah Masjid Tertua di Tebing Tinggi

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Masjid Raya Nur Addin
Masjid Raya Nur Addin
detikTravel Community - Liburan ke kota Tebing Tinggi di Sumatera Utara, sekalian saja ziarah ke Masjid Raya Nur Addin. Masjid tersebut merupakan yang tertua di Tebing Tinggi.

Masjid Raya Nur Addin adalah masjid tertua di Kota Tebing Tinggi. Masjid yang sehari-hari dipakai untuk beribadah umat muslim di Kota Tebing Tinggi dan kegiatan syiar-syiar islam ini terletak di jantung kota, tepatnya di Jalan Suprapto, Kota Tebing Tinggi.

Masjid Raya Nur Addin didirikan sekitar tahun 1861 dan didirikan oleh Raja Negeri Padang, Tengku Haji Muhammad Nurdin yang juga seorang pendiri Kota tebing Tinggi.

Pembangunan masjid ini ditujukan sebagai tempat ibadah dan syiar-syiar Islam serta untuk mempersatukan umat Islam di bawah pemerintahan Kerajaan Negeri Padang saat itu yang membawahi kekuasaan untuk kerajaan lainya di Bandar Khalifah, Kerajaan Sipispis, Kerajaan Bedagai dan Kerajaan Dolok Merawan.

Dulunya masjid ini dibangun menggunakan kayu sejenis siam, namun sekarang bangunan masjid bersejarah ini telah dipugar oleh pihak pemerintah Kota Tebing Tinggi menjadi bangunan beton sehingga menghilangkan nilai sejarah dari masjid tertua di Kota Tebing Tinggi ini.

Barang-barang peninggalan masjid pun sudah tidak telihat lagi, bahkan penggantian nama masjid dari Masjid Raya menjadi Masjid Raya Nur Addin pun tidak memberitahukan pihak keturunan raja Negeri Padang Almarhum Tengku Haji Muhammad Nurdin. Hanya fungsi masjid yang tetap sama sebagai tempat ibadah dan pengajian-pengajian Islam.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED