Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Okt 2016 11:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jelajah Pesona Gunung Lembu di Purwakarta

Viktor Stepanus
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pintu Masuk Kawasan Pendakian Gunung Lembu
Pintu Masuk Kawasan Pendakian Gunung Lembu
detikTravel Community - Tidak hanya punya kuliner Sate Maranggi, Purwakarta juga punya Gunung Lembu yang mempesoan. Cocok untuk traveler yang suka naik gunung.

Gunung Lembu ini memiliki ketinggian kurang dari 1.000 Mdpl dan berlokasi di Kampung Panunggal, Desa Payindangan, Kec. Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

Jangan ragu untuk para pendaki pemula yang ingin menjelajahi pesona keindahan Gunung Lembu ini, karena gunungnya tidaklah terlalu tinggi seperti gunung-gunung lainnya yang menjadi tujuan favorit para pendaki saat ini.

Hanya saja jalur pendakian Gunung Lembu cukup menantang. Mulai dari basecamp kita akan disuguhkan pemandangan sederetan pohon bambu yang menjulang tinggi. Setelah memasuki jalur pendakian, kita akan disambut dengan medan yang cukup terjal dan menguras tenaga karena jalur pendakian didominasi oleh tanah merah.

Perlu diperhatikan jika datang ke Gunung Lembu di musim penghujan, maka treknya cukup licin dan perlu stamina fisik yang tangguh.

Setelah melewati perjalanan di hutan bambu, pendaki akan menemukan tanah lapang yang lumayan luas. Konon ceritanya di lokasi ini banyak warga sekitar yang sering menggembalakan sapi dan dipercaya menjadi asal-muasal penamaan Gunung Lembu.

Dan tak perlu khawatir bagi para pendaki yang haus dan lapar di kawasan Gunung Lembu ini. Banyak kita jumpai warung-warung seperti gubuk yang banyak menjual minuman dan makanan ringan.

Bagi para pendaki yang ingin sampai di puncak Gunung Lembu ini, banyak sekali pemandangan fantastis yang akan kita saksikan. Meski harus penuh perjuangan dan berhati-hati saat melewati jalan setapak yang cukup menyita perhatian, karena di sisi kanan dan kiri terdpat jurang.

Semua itu akan terbayarkan jika sudah sampai di puncak tertinggi Gunung Lembu. Karena pemandangan alamnya yang mempesona saat kita melihat matahari terbit. Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan dari puncak Gunung Lembu adalah Waduk Jatiluhur, Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang sangat mempesona.

Untuk bisa menikmati semua pemandangan yang sangat spektakuler itu, para pendaki harus turun sekitar 15 menit menuju tebing yang dinamakan batu Lembu.

Tebing yang menjorok keluar ini bentukannya menyerupai punuk Lembu, dan di sini lah para pendaki bebas mengabadikan momen-momen istimewa bersama kawan-kawan dengan merasakan sensasi petualangan yang tak akan bisa dilupakan.

Sebagai tambahan informasi untuk bisa mencapai Puncak Gunung Lembu memerlukan waktu 2-4 Jam perjalanan. Ayoo jelajahi keindahan alam Gunung Lembu dan nikmati sensasinya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED