Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Nov 2016 10:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Keren yang Mulai Terlupakan di Asahan

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Air Terjun Sampuran Harimau saat ini
Air Terjun Sampuran Harimau saat ini
detikTravel Community - Di Kabupaten Asahan, Sumut ada satu air terjun yang sudah mulai dilupakan orang. Air Terjun Sampuran Harimau namanya, padahal air terjun ini keren lho!

Dahulu kala, di kawasan Ngarai Sigura-Gura atau dikenal juga dengan nama Lembah Asahan, tepatnya di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, terdapat satu air terjun yang sangat terkenal. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Sampuran Harimau. Namun saat ini, air terjun tersebut secara perlahan telah terlupakan.

Air Terjun Sampuran Harimau ini sejatinya adalah sebuah air terjun yang indah. Dulunya air terjun ini sangat terkenal di Asahan karena besarnya debit air terjunnya. Bahkan saking besarnya, suara jatuhan air terjunnya terdengar seperti suara auman harimau yang menggelagar dan terdengar sampai jauh. Hal ini pulalah yang menjadi asal muasal nama air terjun ini sehingga bernama Air Terjun Sampuran Harimau.

Namun saat ini, Air Terjun Sampuran Harimau secara perlahan terlupakan dan ditinggalkan. Bahkan akses jalan menuju air terjun ini telah ditutupi semak belukar sehingga kami sempat beberapa kali tersesat.

Ini disebabkan karena aliran Sungai Asahan di atas Air Terjun Sampuran Harimau telah ditutup menjadi Bendungan Tangga untuk pembangkit listrik pada awal tahun 1980-an. Akibatnya, aliran Air Terjun Sampuran Harimau yang setinggi 28 meter menjadi sangat kecil alirannya dan kehilangan aumannya.

Meski demikian, Air Terjun Sampuran Harimau tetap menyimpan keindahannya. Dengan aliran air terjun setinggi 28 meter, di bawah aliran air terjunnya terbentuk kolam alami yang cukup dalam namun berair sejuk dan segar.

Di dalam kolam ini pun terdapat banyak ikan ikan air tawar. Sedangkan di sekeliling kolam air terjun ini bertebaran bebatuan cadas berbagai ukuran yang sepintas memunculkan kesan gagah sang harimau.

Di sisi Air Terjun Sampuran Harimau juga terdapat tebing batu yang mencapai tinggi 215 meter. Tebing batu ini adalah salah satu spot panjat tebing yang cukup terkenal dikalangan pencinta rock climbing karena tebingnya yang cukup garang dan ekstrim.

Akhir cerita, tidak ada yang abadi selamanya, bahkan keindahan alam itu sendiri. Namun ada baiknya biarkan ia di sana, tertidur indah dan menjadi mutiara dari masa lalu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.