Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Okt 2016 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Lukisan Bung Karno yang Jantungnya Berdetak

fxmuchtar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bung Karno dan generasi penerusnya
Bung Karno dan generasi penerusnya
detikTravel Community -

Museum Bung Karno di Blitar memiliki lukisan Bung Karno yang unik. Lihatlah jantungnya dari samping, terlihat berdetak!

Kalau kebetulan sedang ada di Kota Blitar, berziarahkan ke Makam Bung Karno. Ada banyak hal bisa didapatkan dari perjalanan spiritual seperti ini. Napak tilas sejarah, riwayat hidup pendiri bangsa dan cita-cita besarnya untuk bangsa ini. Bahkan kata para tukan becak di sana, tak lengkap kalau ke Blitar tak berziarah ke makam Si Bung Besar.

Bagi saya sendiri, kesempatan untuk berziarah ke makam pendiri bangsa ini sudah menjadi cita-cita sejak kecil. Cita-cita itu alhamdulillah terwujud. Bukan hanya sekedar mampir tapi betul betul saya sengaja untuk datang berziarah.

Saat datang ke kota ini, saya sempat bingung dengan beberapa jalan yang ditutup. Rupanya kita diarahkan ke tempat parkir. Dari situ kita naik beca seharga 20.000 pulang pergi. Sebuah ide bagus untuk menghidupkan perekonomian masyarakat.

Sebelum masuk ke lokasi makam, kita diarahkan ke sebuah perpustakaan dan museum. Saya menyempatkan diri ke Museum dulu. Museum ini awalnya adalah komplek tempat tinggal Bung Karno. Ketika komplek ini semakin ramai dikunjungi, pemerintah Kota Blitar mengubahnya menjadi Museum.

Di depan pintu atara museum dan perpustakaan ada patung Bung Karno dari perunggu. Patung dengan posisi duduk ini pas sekali menggambarkan aura dan kewibawaan Bung Karno sebagai intelektual. Aura itu kemudian mewarnai perjalanan di dalam museum.

Museum ini lebih banyak menampilkan fot0-foto Bung Karno semasa perjuangan merintis dan membentuk Indonesia hingga akhir hayatnya. Salah satu foto yang menarik saya adalah foto Bung Karno dengan Ibu Inggit. Ibu Inggit Garnasih adalah wanita yang mengantar Bung Karno  ke gerbang kemerdekaan.

Selain berbagai foto Bung Karno, ada beberapa barang yang lekat dengannya. Jas yang selalu dipakai tersimpan dalam sebuah lemari. Tas yang menemani perjalanan Bung Karno juga ada di sini. Tak ketinggalan beberapa keris yang menjadi kesukaan Bung Karno.

Di antaran koleksi yang berharga itu, sebuah lukisan menjadi daya tarik sendiri. Lukisan hidup katanya. Lukisan sebesar 150 x 175 cm ini dipajang di samping meja penerima tamu. Seorang petugas akan dengan senang hati menunjukan cara melihat lukisan ini.

Awalnya saya tak percaya melihat kehidupan di lukisan ini. Lukisan ini harus dilihat dari samping. Lalu lihatlah bagian jantung dan perutnya. Beberapa kali dan posisi saya coba untuk mendeteksi detak jantung lukisan ini. Hingga satu posisi saya dapat menangkap gerak dan detak jantung itu. Wooooh keren banget ya. Kalau tak percaya datang saja sendiri ke sana dan buktikan sendiri.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA