Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Nov 2016 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jalan-jalan Asyik ke Taman Hewan Pematang Siantar

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Taman Hewan Pematang Siantar
Taman Hewan Pematang Siantar
detikTravel Community - Taman Hewan Pematang Siantar di Kota Pematang Siantar disebut kebun binatang terbesar, terlengkap dan terbaik di wilayah Sumatera Utara. Yuk ke sana!

Salah satu tempat yang asyik untuk dikunjungi sebagai tempat berwisata sambil belajar mengenal binatang adalah kebun binatang. Nah, di Sumatera Utara ada satu kebun binatang yang mantap dan merupakan kebun binatang terbesar, terlengkap dan terbaik di wilayah Sumatera Utara, nama kebun binatang tersebut adalah Taman Hewan Pematang Siantar.

Taman Hewan Pematang Siantar terletak di Kota Pematang Siantar, tepatnya di Jalan Kapt. MH. Sitorus, No. 10, Kota Pematang Siantar. Tidak begitu jauh dari alun-alun kota Pematang Siantar, Taman Bunga, Masjid Raya dan Museum Simalungun.

Taman Hewan Pematang Siantar ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936. Taman hewan ini bermula dari kegemaran Dr. Coonrad seorang pecinta hewan dari kaum Kolonial Belanda akan dunia Zoologi. Taman hewan ini pun merupakan kebun binatang ke empat tertua di Indonesia yang masih bertahan setelah Kebun Binatang Surabaya, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan di Bukittinggi dan Kebun Binatang Bandung.

Secara keseluruhan jumlah satwa yang ada dan dikonservasi di dalam Taman Hewan Pematang Siantar totalnya mencapai sebanyak 715 ekor yang terdiri dari 183 spesies. Sampai saat ini jumlah koleksi yang terdapat di Taman Hewan Pematang Siantar terus bertambah karena taman hewan ini memiliki kebijakan konservasi dan penangkaran satwa yang dapat terbilang sukses.

Taman Hewan Pematang Siantar juga memiliki beberapa koleksi yang terbilang unik seperti keberadaan seekor Buaya yang dipercaya merupakan Buaya Darat tertua yang berhasil bertahan hidup dalam asuhan manusia dalam kebun binatang. Buaya yang telah berumur 80 tersebut sudah ditampung di Taman Hewan Pematang Siantar sejak berdirinya kebun binatang tersebut pada tahun 1936. Selain keberadaan Buaya Tertua dalam penangkaran, Taman Hewan Pematang Siantar juga memiliki koleksi unik berupa buaya putih dan Liger, sejenis Mamalia Karnivora yang berjenis kucing besar hasil perkawinan silang antara Singa dengan Harimau.

Taman hewan ini juga dilengkapi pula dengan unit pusat karantina hewan, rumah sakit hewan dan sebuah Museum Zoologicum dengan koleksi berupa hewan mati yang telah diawetkan dengan menggunakan cairan Formalin. Koleksi museum berasal dari berbagai jenis satwa yang berasal dari dalam dan luar negeri dan mencapai jumlah ± 250 spesies.

Di setiap kandang hewannya juga terdapat nama-nama hewan dengan keterangannya secara singkat sehingga pengunjung bisa lebih mengenal hewan-hewan yang ada di sini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.