Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Des 2016 11:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ekspresikan Dirimu Saat Liburan ke Tebing Breksi

Sity Maryati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Exskalator Jawa
Exskalator Jawa
detikTravel Community - Yogyakarta punya satu destinasi batu untuk dikunjungi akhir pekan ini. Tebing Breksi yang asyik buat selfie-selfie, yuk ekspresikan dirimu di sini!

d'Traveler merupakan komunitas travel blogger di bawah naungan detikTravel dan detikcom yang sedang merayakan hari jadinya yang pertama, mendapat kesempatan untuk mengunjungi Tebing Breksi, Yogyakarta.

Tebing Breksi memang terlihat seperti tebing pada umumnya yang hanya terdiri dari bongkahan batu kapur yang berwarna putih sembarut kuning. Tapi ketika masuk wilayah tebing, mata langsung disuguhkan dengan penampakan tempat pertunjukan seperti panggung yang lebih dikenal dengan Tlatar Seneng. Di tempat inilah biasanya berbagai seni budaya ditampilkan.

Kemudian mata tertuju pada dua bongkahan tebing yang saling berhadapan. Pada salah satu dinding tebing yang merupakan tebing terbesar terdapat ukiran wayang yang merupakan hasil seniman lokal yang dibuat sangat apik. Rasa penasaran pun makin menjadi.

Akhirnya diputuskan untuk melanjutkan langkah ke atas tebing dengan menggunakan 'Exskalator Jawa' begitulah sebutan untuk anak tangga yang dibuat dari bagian Tebing Breksi yang diperjelas dengan tulisan pada papan dengan gaya huruf yang indah.Sungguh tulisan yang menggelitik dan membuat geleng kepala karena takjub dengan kata-kata kreatif seperti itu.

Tidak hanya sampai di situ saja, tenyata makin ke atas, makin terasa kreativitas seniman-seniman lokal. Hal itu terlihat dari banyaknya papan yang ditulisi kata-kata baik itu pengingat, lelucon atau pun sindiran. Tapi semua papan itu sangat menarik perhatian dan membuat gelak tawa dan candaan yang membacanya.

Dari atas tebing, kita bisa melihat Tlatar Seneng secara keseluruhan. Bukan itu saja kita juga bisa melihat salah satu sisi pemandangan Kota Yogyakarta, mulai dari Bandara, Gunung Merapi Dan Merbabu, Candi Prambanan dan pemandangan alam lainnya.

Sayangnya waktu itu kondisi dalam keadaan mendung, jadi semua tidak terlihat jelas, tapi semua dapat dirasakan dengan jelas melalui semilir angin yang berhembus.

Kawasan wisata Tebing Breksi ini memang belum mempunyai fasilitas yang memadai, karna masih dikelola warga setempat. Masuk kawasan ini pun hanya dikenakan biaya parkir. Jadi, tak perlu pikir panjang untuk menikmati keindahan alam dan budaya kota Yogyakarta dari Tebing Breksi, dan ekspresikan dirimu di Tebing Breksi dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahannya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED