Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Des 2016 10:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Libur Long Weekend, Saatnya Berburu Kuliner Khas Yogyakarta

Sity Maryati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kopi Merapi
Kopi Merapi
detikTravel Community - Libur long weekend sudah di depan mata, Kota Yogyakarta sudah menunggu untuk dijelajahi. Aneka sajian kuliner siap untuk dicicipi traveler yang liburan ke sini.

Dalam rangka perayaan ulang tahun yang pertama dtraveler dengan tema Piknik Napak Tilas AADC2 dan LavaTour, kami mengunjungi banyak tempat di Yogyakarta.

Setiap tempatnya mempunyai ciri khas kuliner tersendiri. Berikut beberapa kuliner yang kami temui disetiap tempat dan beberapa di antaranya dijadikan oleh-oleh, adalah sebagai berikut:

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta, dan salah satu kuliner wajib yang harus dibeli dan dijadikan oleh-oleh. Gudeg mempunyai cita rasa manis, pedas dan gurih.

Gudeg juga biasanya disajikan dengan krecek pedas, ayam, telur bumbu gudeg, tahu dan tempe bacem. Salah satu Gudeg yang kami temui dan dijadikan menu makan saat berada disana adalah Gudeg Yu Djum yang mempunyai banyak cabang dan terkenal hingga luar kota.

2. Jadah Tempe

Mungkin nama makanan ini aneh, tapi Jadah Tempe merupakan makanan khas dari Yogyakarta juga. Jadah tempe merupakan cemilan yang terdiri dari Uli ketan dan tempe bacem. Uli ketan terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus dan ditumbuk halus beserta kelapa parut, yang kemudian dibentuk pipih. Sedangkan Tempe bacem dari Jadah Tempe ini terbuat dari kedelai yang masih utuh.

Penyajian Jadah Tempe ini, seperti Burger dimana Tempe yang sudah dibacem diapit oleh 2 buah uli yang sudah dipipihkan. Kemudian dibalut oleh daun pisang. Jadah tempe banyak ditemui di warung-warung sekitar daerah wisata. Termasuk di warung sekitar Bunker Kaliadem.

3. Bakpia


Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu cemilan khas Yogyakarta ini. Bentuknya yang mungil dengan berbagai cita rasa selalu menjadi serbuan siapapun yang berkunjung ke Yogyakarta dan selalu dijadikan oleh-oleh.

Saking banyaknya peminat bakpia, Yogyakarta mempunyai banyak sekali merk Bakpia baik dari industri rumahan maupun industri skala besar. Semua nya mempunyai ciri khas dan cita rasa berbeda, dan salah satu bakpia yang kami pilih untuk oleh-oleh adalah bakpia 25 yang terkenal dengan lembutnya.

4. Wedang Gedang

Wedang Gedang atau lebih mudah disebut wedang pisang adalah salah satu minuman khas Yogyakarta terutama daerah Lereng Merapi. Suhu daerah Lereng Merapi yang sangat dingin menjadikan minuman ini menu wajib yang harus dicicipi ketika mengunjungi Lereng Merapi.

Sama seperti kuah wedang pada umumnya yang terbuat dari Gula Merah dan Jahe yang direbus bersamaan. Yang berbeda adalah, wedang gedang ini berisikan buah Pisang Batu yang diiris-iris, dan sekilas Wedang Gedang ini seperi Kolak.

5. Kopi Merapi

Kopi merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia pada umumnya baik Tua, muda, laki-laki maupun wanita. Ketika mengujungi daerah Lereng Merapi jangan lewat kan meminum kopi yang sering disebut kopi Merapi.

Kopi Merapi ini berasal dari kopi yang ditanam dilahan vulkanik yang berasal dari muntahan erupsi Gunung Merapi. Kopi Merapi ini mempunyai rasa yang tidak asam dan aroma kopinya pun tidak pekat. Sehingga sangat cocok untuk pecinta kopi yang menderita maag.

Jadi, jika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk menyicipi kuliner-kuliner tersebut ya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED