Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Des 2016 15:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Long Weekend, Rileks Dulu Berendam Air Panas di Kaki Gunung Salak

rudi_rachmat
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Spanduk di lokasi pemandian air panas
Spanduk di lokasi pemandian air panas
detikTravel Community - Libur long weekend, traveler bisa rileksasi badan yang lelah di kaki Gunung Salak. Di sana ada Pemandian Air Panas Desa Wisata Gunung Malang yang bisa dicoba.

Siapa sangka kalau di kaki Gunung Salak terdapat pemandian air panas? Namun kenyataannya di kampung Sukamulya, desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Bogor terdapat mata air panas yang keluar dari perut bumi, yang kemudian oleh warga pemilik tanah disulap menjadi obyek wisata pemandian air panas.

Memang kolamnya tidaklah begitu besar, karena air yang keluar dari dalam tanah juga kecil. Ya, ini hanyalah pemandian air panas rakyat di tengah sawah yang kerap disambangi oleh pengunjung dari sekitaran Kabupaten Bogor.

Pemandian Air Panas Desa Wisata Gunung Malang, demikian nama destinasi wisata murah meriah itu. Harga tanda masuknya cuma Rp 5.000 per pengunjung. Manajemennya masih sederhana sebab di swakelola oleh warga.

Namun kualitas air panasnya tak kalah dengan yang ada di pemandian air panas Gunung Pancar, Sentul, atau pun yang di Ciseeng Parung yang pengelolaannya telah profesional. Hanya saja air di sini sedikit keruh dan berwarna kecoklatan. Kolam pemandiannya pun tak terlalu besar, cuma berpanjang 5 meter dan berlebar 3 meter, yang kemudian dibagi tiga bagian.

Selain kolam air panas, destinasi ini dilengkapi pula dengan taman indah yang mengelilinginya, yang terdiri dari beraneka jenis pepohonan hias. Di dekatnya juga terdapat aliran sungai kecil yang penuh dengan bebatuan besar yang sangat pas untuk bersenang dan berfoto-ria bersama keluarga. Alam di sekitarnya juga teramat mempesona dengan panorama Gunung Salak serta persawahan hijau yang membentang luas.

Di hari libur, pemandian air panas ini banyak dikunjungi oleh mereka yang hendak berendam layaknya di whirlpool, namun dengan air panas asli dari dalam kerak bumi. Mengingat kolamnya yang kecil juga tak terlalu dalam, maka tidak bisa berenang di sini. Yang pasti kita dapat berendam di antara gelembung-gelumbung uap panas. Selain bertujuan relaksasi, mandi dan berendam di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Desa Gunung Malang di mana pemandian itu berada merupakan salah satu desa yang menjadi pintu gerbang pendakian menuju Puncak-2 Gunung Salak, sehingga tak ada salahnya selepas dari pendakian kita merendamkan tubuh di sini untuk menghangatkan badan serta menyantaikan otot-otot kaki yang tegang dan lelah akibat berjalan menanjak dan menurun. Untuk yang mau bermalam di kaki gunung, di desa ini terdapat vila-vila nyaman yang disewakan.

Memang air panas di pemandian itu belum jelas sumbernya. Apakah itu mata air sebagaimana mata air panas yang yang terdapat di gunung-gunung berapi. Gunung Salak yang mempunyai puncak tertinggi 2.211 mpdl (meter di atas permukaan laut) termasuk dalam klasifikasi gunung berapi). Air panas yang dihasilkannya pastilah bersuhu tinggi. Atau hanya air tanah dari kerak bumi yang dipanaskan oleh geotermal (panas bumi), dan biasanya air yang keluar bersuhu di atas 37 derajat celcius, atau suhu tubuh manusia.

Yang pasti, kesegaran itu akan amat kita rasakan pasca mandi berendam di pemandian air panas ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Desa Bali Ini Anti Poligami

Sabtu, 24 Feb 2018 13:30 WIB

Desa Penglipuran di Bali tidak hanya indah, tapi juga punya aturan adat yang ketat. Salah satunya adalah tidak boleh berpoligami.