Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Jan 2017 17:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Satu-satunya Pantai di DI Yogyakarta yang Punya Mercusuar

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pemandangan di puncak Mercusuar Samas
Pemandangan di puncak Mercusuar Samas
detikTravel Community - Pantai Pandansari mungkin kalah populer dengan pantai lain. Namun Pandansari menjadi satu-satunya pantai di sekitar Yogyakarta yang punya mercusuar tinggi dan bisa didaki dengan anak tangga.

Bagian selatan dari Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata pantai yang menarik, salah satunya adalah Pantai Pandansari. Secara administrasi Pantai Pandansari masuk ke dalam Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak ada angkutan umum menuju Pantai Pandansari sehingga wisatawan sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Dari arah Yogyakarta tinggal ikuti saja Jalan Bantul. Dari Bantul perjalanan masih dilanjutkan ke arah selatan. Setelah sampai di pertigaan sebelum Pantai Samas, belok kanan dan ikuti petunjuk arah yang ada.

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di sebelahnya seperti Pantai Samas, Pantai Kuwaru, atau Pantai Goa Cemara. Pantai Pandansari kalah populer. Namun yang menjadikan pantai ini menjadi menarik adalah keberadaan mercusuar tinggi yang bisa didaki menggunakan anak tangga melingkar yaitu Mercusuar Samas

Samas adalah satu-satunya mercusuar yang ada di pantai Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah Kementerian Perhubungan. Untuk masuk ke dalamnya tiap pengunjung wajib melapor kepada petugas jaga dan membayar retribusi sebesar Rp 5.000

Mercusuar Samas dibuat pada tahun 1997 yang difungsikan untuk membantu navigasi kapal laut. Untuk naik hingga ke puncaknya pengunjung dihimbau untuk hati-hati ketika menaiki anak tangga yang melingkar ini. Ada 8 lantai yang harus dilewati jika ingin sampai ke puncak.

Yang paling sulit ialah ketika di akhir tangga melingkar, Anda akan menghadapi tangga vertikal untuk tiba di puncak mercusuar. Butuh kekuatan dan kehati-hatian jika ingin menaikinya. Banyak pengunjung yang ketika melihat tangga vertikal ini menyerah.

Sesampainya di puncak mercusuar rasa lelah akan terbayar ketika melihat panorama keindahan deretan pantai sepanjang Bantul hingga Kulonprogo beserta pohon-pohon cemara yang memukau mata.

Meski pemandangan di puncak Mercusuar Samas sangat indah, namun tak semua pengunjung yang betah lama-lama di sana. Hal ini Karena angin pantai berhembus sangat kencang sekali pun demikian ketika bulan Agustus di mana saya mengunjungi mercusuar ini.

Setelah menikmati pemandangan dan mengambil beberapa foto, tidak sampai 10 menit saya memilih turun untuk menghindari angin yang berhembus kencang. Pengalaman menaiki Mercusuar Samas memang menguji nyali. Anda berani? Ayo datang ke Pantai Pandasari, satu-satunya pantai di Yogya yang memiliki mercusuar.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Minum Darah Banteng yang Ngeri

Senin, 21 Agu 2017 18:30 WIB

Tradisi merupakan hal yang dilakukan turun menurun dan kerap kali menantang. DI pedalaman Kenya, seorang pria muda haruslah menikam dan minum darah banteng.