Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Jan 2017 12:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jalan-jalan Keliling Madura, Bisa Lihat Api Abadi!

Foto 1 dari 5
Jalan menuju Gua lebar
Jalan menuju Gua lebar
detikTravel Community -

Jalan-jalan ke Madura di Jawa Timur, mengapa tidak. Banyak tempat wisata yang ciamik di sana, dari pantai pasir putih sampai api abadi.

Anda mempunyai jiwa petualang? Ingin merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya? Mungkin Anda bisa mencoba touring di Pulau Madura menggunakan kendaraan roda dua. Wisata di sini tak kalah menantang dengan wisata-wisata lainnya seperti Goa Lebar, Api tak kunjung padam, Pantai Lombang, Taman Adipura Sumenep dan Musium Keraton Sumenep. Sebelumnya saya sarankan untuk memiliki link atau teman yang paham kondisi, situasi, medan dan bahasa di pulau ini. Untungnya kali ini saya ditemani oleh dua orang teman kuliah yang merupakan penduduk asli Madura. Satunya asli Pamekasan, satunya Sumenep punya.

Kami berangkat dari Surabaya menggunakan 3 sepeda motor, melewati kokohnya jembatan Suramadu. Tujuan pertama kami sesuai dengan, guide dari sang putra Madura adalah Gua Lebar yang berada di kelurahan Dalpenang, Sampang. Gua ini berada di kedalaman 100 m dari permukaan tanah. Untuk mencapai Gua Lebar, para traveler harus melewati jalanan menanjak yang ada di perkampungan. Setelah itu, anda harus berjalan kaki menuruni tangga dan jalan setapak yang lumayan licin. Bagi anda yang benar-benar suka menjelajah, bereksplorasi dan tantangan, Gua Lebar bisa menjadi salah satu tujuan yang sangat pas untuk Anda.

Setelah puas berpetualang di Gua Lebar, kami melanjutkan perjalanan dari Sampang menuju Pamekasan untuk mencapai base camp 1, Rumah Hendra. Sambil beristirahat sejenak, tak terasa malam telah datang dan kami pun berangkat menuju negara api, eh maksud saya wisata api tak kunjung padam. Bukan sulap bukan sihir, di sini, cukup menggali tanah, api pun akan muncul. Jalan menuju wisata Api tak Kunjung Padam menurut saya sedikit berbahaya di malam hari karena harus melewati persawahan yang sepi. Jadi, para traveler harap berangkat beramai-ramai jika ingin kesini.

Tiba memasuki hari kedua, kami pun berkemas, lalu kembali melanjutkan perjalanan dari Pamekasan menuju Sumenep. Perjalanan Pamekasan-Sumenep memakan waktu sekitar 2 jam. Akhirnya, kami tiba di base camp 2, Rumah Pepi pada pukul 11 pagi. Kami segera berganti baju dan siap-siap untuk pergi ke Pantai Lombang (dalam pengucapan di Madura dibaca Pantai Lombeng). Perjalanan dari Sumenep kota menuju Pantai Lombang sekitar 1-1,5 jam. Tiba di pantai Lombang, anda akan disambut dengan rimbunnya pohon cemara yang berada di sekitar pantai. Hari kedua ini kami dedikasikan untuk bermain di pantai seharian, karena kami rindu pantai.

Keesokan harinya, hari terakhir kami menjelajah pulau Madura. Kami haya berkeliling sekitar kota Sumenep saja. Kami bermain di Taman Adipura Kota Sumenep dan Musium Keraton Sumenep. Masuk di Taman Adipura ini, anda akan dimanjakan oleh suasana taman yang hijau, bersih dan menyejukkan mata. Beberapa fasilitas olahraga juga disediakan di dalam taman. Setelah puas bermain, kami pun berjalan kaki sekitar 5 menit dari Taman Adipura untuk menuju Musium Keraton. Sayangnya, karena terlalu pagi, kami hanya bisa memasuki arena luar keraton seperti Taman Sareh berupa pemandian keraton atau beberapa pendopo.

Seperti itulah akhir dari touring seru selama 3 hari di pulau Madura. Setelah 3 hari 2 malam menjelajah tanah Madura, kami harus kembali lagi ke Surabaya. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk mencoba mengeksplorasi Madura lebih dalam lagi?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA