Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Jan 2017 11:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terjalnya Jalur Gunung Batu Jonggol yang Menakjubkan

Meytika Fitria
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Area camping berlatarbelakang puncak bayangan gunung batu.jpg
Area camping berlatarbelakang puncak bayangan gunung batu.jpg
detikTravel Community -

Treking ke Gunung Batu yang ada di Bogor emang cocok banget buat kamu yang enggak mau jauh-jauh dari ibukota. Gunung kecil nan terjal ini berada di Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor. Lebih pas kalau disebut bukit atau tebing batu. Karena memang tersusun atas bebatuan cadas apalagi tingginya hanya 875 mdpl.

Tapi jangan pernah meremehkan gunung batu ini hanya karena masalah ketinggiannya. Rasakan dulu tanjakan ekstrimnya, baru deh bisa ngomong kalau memang gunung ini enggak bisa disepelekan. Dibutuhkan stamina yang bagus untuk bisa mencapai puncak Gunung Batu. Pada jalur pendakian yang akan ditempuh didominasi oleh bebatuan dan tanah. Bahkan di beberapa spot terlihat cukup curam.

Pada awal treking disambut dengan jalan tanah berbatu. Kemudian treknya berupa tanah kering yang cukup menanjak, lalu perjalanan menuju hamparan rumput ilalang yang cukup tinggi. Ada pula medan tanah yang teksturnya lumayan licin dan menanjak. Ketika rasa lelah melanda saat menuju puncak Gunung Batu, istirahatlah di spot-spot yang tersedia.

Untuk sekedar melepas dahaga, Anda akan menikmati indahnya pemandangan yang disajikan Gunung Batu. Semakin keatas jalur semakin ekstrim pula treknya dan tidak ada pepohonan untuk berteduh. Semakin mendekati puncak jalur pendakian semakin sulit karena treknya yang hampir tegak lurus serta jalurnya yang sempit. Jalur ini hanya dapat didaki oleh satu orang saja. Jadi kamu wajib antri dengan para pendaki yang lain.

Diusahakan tertib ya saat trekking menuju Gunung Batu. Selain belum ada pengaman di sebelah kiri dan kanan serta hanya ada bantuan seutas tali untuk memanjat. Untuk mencapai puncak tidak memerlukan waktu yang relatif lama, kurang lebih satu jam untuk bisa sampai ke puncaknya dan sudah sekalian sama foto-foto.

Pemandangan yang disuguhkan dari atas sungguh bikin siapapun yang melihatnya bakal menghela nafas dalam-dalam saking kerennya. Yang membuat kecewa saat sampai di Puncaknya adalah banyak sekali semut terbang yang sangat mengggangu. Gigitannya agak lumayan sulit dilupakan.

Untuk bisa merasakan terjalnya tanjakan Gunung batu kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan motor atau mobil sebesar Rp.15.000. Untuk mendaki sampai puncak dikenakan biaya Rp.5.000 perorang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED