Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Jan 2017 15:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tidak Kalah Dengan Bangkok, Yogya Juga Punya 'Madame Tussauds'

Archi Persita Wulan Ari
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
detikTravel Community - Traveler tentu mengenal museum lilin Madame Tussauds yang populer. Namun tidak kalah, Yogya juga punya museum serupa yang bernama De Arca Statue.

De Arca Statue diprakasai dan didirikan oleh seniman dan pemerhati seni asli Jogja, FX Petrus Kusuma. Koleksi - koleksi patung De Arca memang menyerupai konsep dari Madame Tussauds.

Namun, patung - patung tersebut tidak menggunakan bahan dasar lilin, melainkan berasal dari resin. Sejenis getah yang dihasilkan oleh beberapa jenis tumbuhan.

Sifat dari resin ini bisa membeku atau mengeras dan transparan. Sebenarnya, bahan resin ini sudah lama digunakan sejak zaman purba sebagai lem atau perekat. Alasan penggunaan bahan resin ini menyesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia dan lebih ekonomis dibandingkan dengan bahan lilin.

FX Petrus Kusuma mengajak seniman lainnya, yaitu Dunadi dan Purjito untuk membuat tampilan patung dengan skala 1:1 mirip dengan tokoh aslinya. Alhasil, pengunjung dapat berfoto bersama para tokoh dunia hingga tokoh animasi.

De Arca terbagi menjadi 3 zona, yaitu :

1. Zona 1 berisi tokoh - tokoh nasional seperti Presiden Joko Widodo, Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Presiden KH Abdurrahaman Wahid, Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto, Mantan Presiden BJ Habibie dan Ibu Ainun serta Mantan Presiden Soekarno.

Tidak ketinggalan, Ahok/Basuki Tjahja Purnama, Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, terdapat deretan pahlawan nasional, yaitu RA Kartini, Hasanuddin, WR Supratman,  Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dien.

Salah satu patung yang unik adalah patung dari Maestro Seni Lukis Indonesia, Affandi dan mantan juru kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan. Patung Affandi bergaya santai, duduk di kursi dengan memegang pipa cangklong dan mengenakan sarung. Lain halnya dengan patung Mbah Maridjan yang berdiri sambil mengepalkan tangan kanannya ke atas.

2. Zona 2 berisi tokoh - tokoh dunia seperti Albert Einstein, Barrack Obama, Nelson Mandela, Yasser Arafat dari Palestina, Hittler, Mao Zedong, Ratu Elizabeth II Inggris, Margareth Teacher, Dalai Lama, Mother Teresa, Paus Yohanes Paulus II, Mahatma Gandhi, Vallentino Rosi, David Beckham, Christiano Ronaldo, dan Steve Jobs.

3. Zona 3 berisi tokoh - tokoh dunia hiburan seperti Lady Gaga, Taylor Swift, Brad Pitt, Michael Jackson, Harry Potter, Mr Bean, The Troy, Thor, Hulk, Captain Amerika, Super Hero, Spiderman, hingga Jack Sparrow si bajak laut.

Spiderman dibuat berbeda dari aslinya. Ukurannya sangat besar dan mengenakan blangkon dan sarung. Spiderman ala Jawa?

Konsep dari musem ini adalah Edu Fun, sehingga dapat dinikmati mulai dari anak - anak hingga orang tua. De Arca pun bisa menjadi salah satu destinasi rekreasi keluarga, dimana anak - anak bisa bermain dan belajar sejarah. Sedangkan orang tua bisa mengenang tokoh - tokoh penting di jaman dahulu. Komplit bukan?

Beberapa petugas tampak berjaga di beberapa titik untuk membantu pengunjung yang membutuhkan informasi. Museum ini juga menyediakan toilet di bagian belakang.

Kebersihannya sangat terjaga, selain karena adanya petugas yang berjaga, juga didukung dengan adanya larangan untuk membawa masuk makanan dan minuman.

Sayangnya, tidak tersedia tempat duduk, sehingga ada beberapa pengunjung yang duduk lesehan di lantai. Mau selfie bersama para tokoh penting? Tidak perlu ke Madame Tussauds. Yuk, kunjungi De Arca Statue Jogja.

De Arca Statue Jogja buka setiap hari dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Harga tiket masuknya dimulai dari 35-50 ribu pada weekday dan Rp 60 ribu pada weekend.

Bagi pengunjung yang berulang tahun dihari kunjungan atau bagi pengunjung yang berusia di bawah 5 tahun, HTM gratis, dengan menunjukkan kartu identitas. Alamatnya berlokasi di Jalan Veteran No.151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta (Dekat RS Hidayatullah).
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED