Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Feb 2017 10:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Panorama Cantik dari Bukit Sigura-gura di Sumatera Utara

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura
Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura
detikTravel Community - Nama Air Terjun Sigura-gura di Sumatera Utara memang sudah terkenal. Namun selain itu, panorama dari atas bukitnya juga tidak kalah cantik.

Nama Sigura-Gura mungkin belum begitu populer dan dikenal di kalangan wisatawan. Jika pun ada yang mengenalnya, mungkin hanya sebatas tahu tentang Air Terjun Sigura-Gura yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Padahal, kawasan Sigura-Gura memiliki potensi pariwisata yang lebih dari itu.

Sebut saja Lembah Asahan, sebuah lembah yang membentang indah dan berpagarkan perbukitan hijau hutan tropis dan tebing-tebing batu yang menjulang. Selain itu terdapat pula Puncak Sigura-Gura, sebuah puncak bukit yang memiliki pemandangan indah tiada tara.

Puncak Sigura-Gura ini berada di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir. Puncak ini bisa ditemui saat melalui jalan lintas Sigura-Gura yang menghubungkan Porsea di Kabupaten Toba Samosir dengan Kabupaten Asahan. Jika dari Porsea, puncak ini bisa dicapai dalam waktu 20 menit saja.

Dahulu Puncak Sigura-Gura dikenal dengan nama Bukit Wihelmina. Nama ini diberikan karena konon orang-orang kolonial Belanda sangat terkagum-kagum dengan keindahan alam yang tersaji dari puncak bukit ini.

Bahkan menurut mereka, kekaguman mereka akan keindahan alam dari puncak bukit ini bisa disetarakan dengan kekaguman mereka terhadap kecantikan ratu dari Belanda tersebut.

Menurut saya hal tersebut memang tidak terbantahkan. Pesona yang ditawarkan dari atas Puncak Sigura-Gura ini memang sangat indah. Bahkan hati saya bergetar kagum dengan keindahannya.

Dari atas puncak ini saya bisa melihat pemandangan Danau Toba, danau tekto-vulkanik terbesar se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara dengan sangat jelas.

Pemandangan Danau Toba ini terlihat sangat indah, air danaunya yang biru berkilauan terhampar luas bagikan sebuah permata yang indah.

Di sekeliling danau terlihat pula gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang berdiri gagah seolah-olah memagari Danau Toba. Keberadaan gugusan pegunungan hijau tersebut yang bersanding dengan birunya danau menghadirkan sebuah kolaborasi yang indah tiada tara.

Di tepian Danau Toba ini juga terlihat pemandangan perkotaan Porsea dan berbagai pepohonan hijau. Porsea sendiri adalah sebuah kota kecamatan yang secara administrasi berada di bawah Kabupaten Toba Samosir.

Kawasan Puncak Sigura-Gura ini tidak begitu luas, karena kontur geografis Kecamatan Porsea yang tanahnya mendatar. Jadi di puncak ini hanya terdapat dua spot terbaik untuk menyaksikan keindahan yang saya ceritakan di atas.

Yang pertama adalah dari sisi pinggir bukit, namun sayangnya kondisi tempat ini lumayan kotor karena banyak sampah yang berserakan.

Spot terbaik lainnya adalah dari sebuah pondok Panatapan Sigura-Gura. Dari pondok ini kita bisa melihat jelas semua keindahan alam Danau Toba yang bersanding dengan hijaunya alam pegunungan.

Sembari menikmati keindahan alam tersebut kita juga bisa menikmati makanan yang ada di pondok penatapan ini atau sekedar menikmati segelas teh seperti yang saya lakukan. Makanan dan minuman di pondok ini pun halal, jadi tidak perlu khawatir bagi yang muslim.

Suasana di Puncak Sigura-Gura ini sedikit dingin dan anginnya cukup kencang. Bahkan teh hangat yang saya pesan di pondok ini dalam sekejap berubah dingin karena sejuk dan kencangnya angin di puncak ini.

Jadi ada baiknya yang ingin ke sini memakai jaket atau baju tebal dan juga hati-hati meletakkan barang agar tidak terbang ditiup angin. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi keindahan alam yang ditawarkan dari atas puncak ini.

Oh ya, puncak bukit ini menghadap ke sisi barat, jadi menurut saya pasti pemandangan sunsetnya luar biasa indah. Namun, sayangnya saya belum berkesempatan untuk membuktikannya.

Mungkin di suatu hari nanti atau mungkin ada teman-teman traveler yang tertarik membuktikannya? Jika ya, silahkan dibuktikan dan jangan lupa beritahu saya bagaimana keindahannya, selamat traveling. Wonderful Indonesia.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED