Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Jan 2017 14:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Satu Lagi Spot Buat Menikmati Pesona Danau Toba

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Danau Toba dari Puncak Sigura-gura
Danau Toba dari Puncak Sigura-gura
detikTravel Community - Pemandangan Danau Toba tak hanya bisa dilihat dari Parapat saja. Masih ada spot lainnya buat menikmati keindahan danau ini, yaitu Puncak Sigura-gura.

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba, danau tekto-vulkanik terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Saya rasa hampir semua traveler pasti tahu, minimal pernah mendengar nama danau yang memiliki panjang panjang hingga 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer ini.

Apalagi Danau Toba merupakan ikon pariwisata nomor satu di Sumatera Utara hingga dikatakan belum sah ke Sumatera Utara jika belum pernah ke Danau Toba. Saat ini pun Danau Toba termasuk dalam salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas pemerintah dan diharapkan bisa menjadi Bali baru untuk pariwisata Indonesia.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Danau Toba memang tidak terbantahkan, bahkan terbilang sangat istimewa dan mampu mempesona siapa saja. Dengan ukurannya yang sangat besar, maka terdapat pula banyak spot-spot menarik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba ini.

Yang paling terkenal tentu saja dari Kota Parapat yang berada di Kabupaten Simalungun. Namun selain dari sana, masih banyak spot menarik lainnya yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan alam Danau Toba ini dan setiap spot tersebut memiliki pemandangan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Puncak Sigura-Gura.

Puncak Sigura-Gura adalah salah satu puncak bukit gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang berada di tepi jalan lintas yang menghubung Porsea dengan Kabupaten Asahan. Secara administrasi puncak ini berada di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir dan dapat ditempuh dalam watu 20 hingga 30 menit saja dari Porsea.

Meski pun puncak bukit ini tidak seberapa luas, di sini terdapat dua spot utama untuk melihat keindahan alam Danau Toba. Yaitu dari sisi bukit dan dari pondok Penatapan Sigura-Gura.

Saya sendiri memilih menikmati keindahan alam Danau Toba dari pondok penatapan ini sambil menikmati segelas teh hangat karena di sisi bukit tersebut kondisinya lumayan banyak sampah berserakan.

Dari sini terlihat jelas pemandangan alam Danau Toba, air danaunya yang biru berkilauan terhampar luas bagai lautan terlihat seperti sebuah permata. Lekuk-lekuk Pulau Sumatera yang berwarna kehijauan menghasilkan degradasi yang indah saat bersentuhan dengan bibir danau yang biru ini.

Di sekeliling Danau Toba terlihat pula gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang berjejer rapi seolah memagari keindahan Danau Toba. Sungguh keindahan yang sangat sempurna. Jadi jika teman-teman ingin menikmati keindahan alam Danau Toba, jangan hanya dari Parapat saja, cobalah dari tempat-tempat yang berbeda. Karena keindahan yang ditawarkannya pasti akan jauh berbeda juga.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.