Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Feb 2017 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kebun Buah yang Bagai Negeri Atas Awan di Bantul

basri bachtiar
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Langit jingga yang memesona
Langit jingga yang memesona
detikTravel Community - Kebun Buah Mangunan yang letaknya di ketinggian, bagaikan negeri di awan kala pagi. Pemandangannya begitu menyejukkan mata.

Jogjakarta memang istimewa. Daerah yang dikenal sebagai Kota Pelajar ini selain memiliki wisata sejarah dan budaya, sekitar DI Yogyakarta juga memiliki wisata alam yang tak kalah menakjubkan dengan kota lainnya yaitu Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Jogjakarta. Dari informasi yang saya kumpulkan Kebun Buah Mangunan ini dibangun tahun 2003 oleh pemerintah Kabupaten Bantul di atas tanah seluas 23,34 hektar. Pada ketinggian 150-200 m di atas permukaan laut.

Wisata ke Kebun Buah Mangunan

Bangun pagi memang akan membawa keberkahan tersendiri untuk kita. Udara yang masih sejuk, terik matahari belum terasa dan juga pemadangan yang akan kida dapatkan akan sangat berbeda antara pagi dan siang hari. Kali ini saya dan teman-teman akan berkunjung untuk menikmati indahnya matahari terbit dan Negeri di Atas Awan Kebun Buah Mangunan.

Dari pusat kota Jogjakarta, kami akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai Kebun Buah Mangunan. Pukul 04.00 WIB pun kami berangkat dengan melewati rute dari kota Jogjakarta menuju Bantul dengan melewati jalan Imogiri Timur dan mengikuti jalan hingga pertigaan pasar Imogiri kemudian mengambil kiri. Setelah itu kami tinggal mengikuti petunjuk jalan saja yang memang sudah tersedia.

Setelah melewati rute jalan yang cukup banyak kelokan, kami pun tiba di Gerbang Kebun Buah Mangunan pada pukul 05.00 WIB. untuk masuk ke kawasan kebun, tiket yang dipungut hanya sebesar Rp5.000, cukup murah kan.

Setelah memarkirkan kendaraan, kami pun harus berjalan kaki untuk menuju lokasi menikmati sunrise. Lokasi ini tidak terlalu jauh, hanya kurang lebih 20 menit dengan kondisi jalan yang sudah tertata rapi dan sedikit menurun.

Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 150-200 mdpl memang menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Sejatinya, kalau kita berkunjung ke Kebun Buah yang menjadi tujuan utama adalah memetik buah atau melihat pohon-pohon buah.

Lain halnya dengan dengan Kebun Buah Mangunan, yang menjadi tujuan utamanya adalah menikmati keindahan matahari terbit dan pesona negeri di atas awan dengan awan yang berkelok mengikuti bentuk aliran Sungai Oyo yang berada di bawahnya.

Sungai Oyo ini meliuk membelah bukit dan hutan yang ada. Di Kebun Buah Mangunan memang terdapat bukit yang dikelilingi pagar dan juga gardu pandang yang digunakan untuk menikmati semua keindahan alam yang tersaji di kebun ini.

Rasa lelah dan kantuk semua terbayar setelah menikmati udara sejuk, keindahan matahari terbit, dan keindahan awan yang membentuk aliran sungai seperti ular.

Kebun Buah Mangunan juga memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti area kemping, gazebo, homestay, play ground dan masih banyak lainnya. Jika berkunjung Ke sekitar Jogjakarta, sempatkan untuk berkunjung ke kebun ini, dijamin tak akan menyesal.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED