Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Mar 2017 11:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rawa Pening, Destinasi untuk Melepas Penat di Ambarawa

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Kampoeng Rawa Pening, Ambarawa
Kampoeng Rawa Pening, Ambarawa
detikTravel Community - Liburan ke Ambarawa, jangan sampai lupa berkunjung ke Rawa Pening. Di sini traveler bisa melepas penat, dan juga wisata kulineran. Asyik kan?

Rawa pening terletak di empat kecamatan yakni Bawen, Ambarawa, Tuntang dan Banyubiru. Destinasi ini bisa ditempuh perjalanan selama sepuluh menit dari Museum Kereta Api Ambarawa.

Rawa Pening yang menurut kosakata bahasa Jawa: 'Pening' yang berarti Bening, namun sedikit agak kecewa karena pada saat saya kesana airnya tidak 'bening' seperti namanya. Saya pun berfikir positif mungkin kamu ke sana pada saat musim hujan, sehingga mempengaruhi kualitas airnya.

Namun apapun yang terjadi, tidak akan mengurangi keseruan saya di sana. Apalagi Rawa Pening ini dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan Gunung Telomoyo.

Bagi masyarakat di sana, Rawa Pening ini dimanfaatkan untuk mencari ikan dan budidaya tambak ikan air tawar. Selain itu, karena banyaknya pengunjung yang berkunjung ke Rawa Pening, kemudian dikelola sebuah tempat wisata yang bernama Kampoeng Wisata Rawa. Hingga kini pariwisata ini menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga masyarakat sekitar Rawa Pening.

Di Kampoeng Wisata Rawa ini pengunjung difasilitasi dengan berbagai macam fasilitas yang ada. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain memancing dan berkeliling Rawa Pening ini dengan perahu motor sewaan yang siap mengantar pengunjung.

Hanya dengan membayar seratus ribu rupiah saja, sudah bisa keliling Rawa Pening. Agar lebih hemat anda bisa menyewa perahu ini berbarengan dengan pengunjung lainnya, karena perahu ini bisa dinaiki 6 sampai 8 orang sekali jalan.

Banyak pula pengunjung yang datang khusus ke Rawa Pening untuk berburu foto terutama pada saat matahari terbenam. Perpaduan rawa yang membentang dan langit yang berwarna jingga seakan membius pengunjung tadi. Bila anda membawa anak jangan khawatir karena banyak sekali permainan anak disediakan disini antara lain ATV, becak mini, andong dan lain sebagainya.

Lelah beraktivitas dan perut keroncongan? jangan khawatir karena di sini Anda bisa bersantap kuliner di Rumah Makan Apung. Menu masakannya enak karena merupakan hasil tangkapan warga sekitar dan harganya pun murah dengan porsi besar.

Sesuai namanya rumah makan apung ini didirikan di atas Rawa Pening. Uniknya lagi, pengunjung akan dijemput menggunakan semacam perahu apung ketika akan menuju ke restoran ini.

Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh khas dari Rawa Pening berupa keripik ikan hasil olahan tambak mereka, seperti keripik belut, keripik wader dan masih banyak lainnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED