Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mar 2017 10:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wajah Lain Gunung Sindoro yang Perlu Kamu Tahu

Feni Novida Saragih
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Danau kecil di Puncak Sindoro, jernih dan menenangkan
Danau kecil di Puncak Sindoro, jernih dan menenangkan
detikTravel Community - Gunung Sindoro di Jawa Tengah jadi destinasi favorit traveler yang ingin mendaki gunung. Kamu mesti tahu Gunung Sindoro ternyata punya wajah lain yang memikat.

Familiar dengan gambar atau lukisan ala anak-anak tahun 1990-an yang berisikan dua gunung terbelah jalan raya dan hamparan sawah di kaki gunung-gunungnya? Konon gambar itu terispirasi dari sepasang gunung di Jawa Tengah, Sumbing dan Sindoro.

Ada legenda daerah mengenai asal muasal gunung ini. Tapi di samping cerita legenda yang menarik itu, ternyata keindahan gunung-gunung tersebut tak kalah menarik para pendaki untuk menjajalnya. Khususnya, Sindoro. Gunung ini ternyata menyimpan keindahan lain di puncaknya jika didaki di musim penghujan.

Sindoro, gunung setinggi 3153 mdpl ini kerap menjadi destinasi para pendaki. Temanggung merupakan kota yang terdekat ke lokasi gunung yang juga disebut Sindara ini. Karena itu, basecamp pendakian di Temanggung umumnya menjadi incaran start pendakian baik saat weekend biasa maupun longweekend jika ingin pendakian yang santai dan berlama-lama menikmati keindahan puncak Sindoro.

Puncak Sindoro yang berkawah dan masih aktif mengeluarkan asap belerang ini sebenarnya dapat dicapai dalam pendakian satu hari jika mulai mendaki di pagi hari. Namun, akan lebih lengkap rasanya jika dapat menyaksikan matahari terbit di puncaknya. Traveler akan mendapatkan bonus di puncak Sindoro jika mendaki di musim penghujan sekitar bulan Januari hingga April.

Ya, traveler dapat menyaksikan sebuah danau kecil di puncak gunung ini. Air di danau ini berasal dari curah hujan yang turun hampir setiap hari selama musim penghujan. Air danaunya sangat jernih dan memantulkan keindahan langit. Traveler dapat merasakan ketenangan dan menyaksikan keindahan danau meskipun tidak seindah danau alami yang hanya dimiliki sedikit gunung di Indonesia.

Tak jauh dari danau kecil ini, traveler juga dapat menyaksikan indahnya Dataran Tinggi Dieng yang diselimuti awan. Musim hujan membuat pemandangan alam di sekitar Sindoro menjadi hijau asri dan menenangkan.

Mendaki di musim hujan memang memberikan pemandangan indah tersendiri, namun traveler harus tetap mengutamakan keselamatan dengan membawa perlengkapan pendukung dan berhati-hati saat melakukan pendakian.

Jangan lupa bawa jas hujan, sepatu gunung dengan telapak yang support mendaki di tanah basah atau medan yang licin, track pole, dan baju ganti cadangan untuk antisipasi jika baju para traveler basah saat pendakian.

Di musim hujan, angin yang bertiup cukup kencang dari kaki gunung hingga ke puncak Sindoro. Karena itu, selalu utamakan keselamatan dan kerja sama tim untuk keselamatan bersama.

Jawa tengah dengan dataran tingginya yang eksotis sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Siapkan fisik, mental, dan perlengkapan, dan mari jajal keindahan alam Gunung Sindoro dan Jawa Tengah!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED