Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Mar 2017 10:24 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sejarah Kelam Benteng Pendem di Cilacap

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Gerbang yang besar dan megah menyambut kedatangan pengunjung
Gerbang yang besar dan megah menyambut kedatangan pengunjung
detikTravel Community - Kota Cilacap di Jawa Tengah punya destinasi wisata sejarah yang patut dikunjungi. Benteng Pendem, yang menyimpan sejarah kelam pada masa penjajahan Belanda.

Terletak di sekitar pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem juga menjadi tujuan pengunjung saat berkunjung ke Cilacap. Benteng yang dinaungi pohon menjadi tempat menyejukkan diri setelah berpanas-panas di pantai.

Dengan tiket sebesar Rp 5.000 per orang, kita sudah bisa menikmati dan berkeliling benteng. Dinamakan Benteng Pendem karena benteng peninggalan Belanda ini sempat terpendam atau tertutup tanah dan tidak terurus.

Benteng ini terdiri dari berbagai ruangan, ada ruangan barak, ruang klinik, ruang penjara, dan lain-lain. Beberapa tempat nampak rapi dan terawat, namun adapula bagian yang nampaknya kurang terawat.

Saat kami berkunjung ke Benteng Pendem, pengunjung nampak ramai. Ada beberapa kelompok yang tengah mengadakan acara sehingga suasana cukup meriah.

Acara tersebut diadakan di dekat pintu masuk, dimana terdapat tanah agak lapang yang bisa menampung banyak orang. Di dekatnya terdapat gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat, kondisinya pun cukup bersih.

Saat berkeliling benteng pun, cukup nyaman dengan adanya pohon-pohon disekitar sehingga suasana cukup teduh. Dengan luas sekitar 6 hektar, mengelilingi benteng ini cukup menyenangkan, berjalanlah dengan santai sambil menikmati setiap sudutnya sehingga tidak terasa lelah.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED