Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Apr 2017 11:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Candi Seribu Wajah yang Unik di Kamboja

arief kas
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Candi Prasat Bayon di Angkor Wat
Candi Prasat Bayon di Angkor Wat
detikTravel Community - Apabila Indonesia punya Candi Borobudur, maka Kamboja punya candi Buddha Prasat Bayon. Inilah candi yang punya seribu wajah.

Ini adalah kali kedua mengunjungi Candi Seribu Wajah dalam waktu sekitar empat tahun lalu dan selalu memukau pengunjung. Prasat Bayon, sebuah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Buddha Mahayana - Jayawarman VII.

Ketika beliau meninggal, para pengikutnya mulai memahat wajah sang raja yang tersenyum seperti senyum Buddha di dinding candi.

Candi Bayon merupakan candi terakhir yang dibangun di kota kuno Angkor dan satu-satunya candi yang dibangun sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Ada 216 buah wajah raksasa yang sedang tersenyum dan dianggap sebagai senyuman sang Raja Jayawarman VII. Tetapi ada yang menyebut bahwa wajah yang tersenyum tersebut lebih mirip dengan sang Buddha.

Sementara menurut para ahli, sang Raja dulunya menganggap dialah sebagai Raja Diraja sehingga mengganggap bahwa dirinya lah sang Buddha. Ketika beliau wafat, kerajaannya beralih kembali ke Hindu dan candi tersebut beralih fungsi menjadi Candi Hindu dan dianggap sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Di awal abad 20, restorasi mulai dilakukan oleh pemerintah Prancis dan dibantu oleh Japan Foundation. Setiap dinding dipahat dengan relief menceritakan kehidupan bangsa Angkor dulu kala. Bahkan ada penggambaran mengenai pertempuran bangsa Kmer dan Champ yang masih satu wilayah di Kamboja.

Salah satu candi mempunyai tinggi 43 meter dengan relief wajah setinggi 3 meter dan mempunyai 4 sisi yang menuju ke empat arah mata angin. Waktu terbaik mengunjungi candi ini yaitu di pagi atau sore hari ketika matahari sedang bersahabat.

Siang hari candi ini penuh dengan wisatawan asing dan sangat ramai sekali. Tapi wajah raksasa yang sedang tersenyum inilah yang berhasil memukau dunia dan didatangi oleh jutaan wisatawan asing.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.