Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Apr 2017 15:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Korea Selatan, Pantai Jungwok Ini Ada di Yogyakarta

Awang Bagas W
detikTravel Community
Foto 5 dari 5
Bermain Ombak
Bermain Ombak
detikTravel Community - Pantai Jungwok, sekilas mendengar namanya kita akan menyangka bahwa pantai ini ada di Korea Selatan. Ternyata, pantai cantik ini lokasinya ada di Yogyakarta.

Mendengar nama Jungwok, dimana anda pertama kali terpikirkan tempat ini berada? Apakah Korea Selatan? Bukan, Jungwok merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Girisubo, Yogyakarta.

Ya, Yogya memang dikenal dengan keindahan pantainya. Tempat wisata yang satu ini menjadi primadona para wisatawan untuk melepas penat. Gunungkidul menjadi surganya para penikmat pantai, di sepanjang selatan kabupaten ini memeliki lebih dari 50 pantai.

Mulai dari pantai yang sangat terkenal seperti Pantai Baron dan Pantai Kukup serta yang sekarang sedang sangat ramai dikunjungi seperti Pantai Indrayanti sampai pantai yang belum sering terdengar oleh wisatawan seperti Pantai Jungwok ini.

Tempat ini masih sangat bersih. Ketika berkunjung ke sana sangatlah sepi. Memang ada warung-warung yang dibangun di sana namun biasanya dibuka ketika liburan karena pantainya ramai. Sehingga masih sedikit fasilitas kamar kecilnya. Namun, diluar itu semua pantainya sungguh luar biasa.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus, serta masih sangat bersih, karena kita bisa melihat puluhan hingga ratusan bulu babi di pantai ini. Selain menikmati pantainya keadaan alamnya sangat menarik, di sisi barat pantai ini terdapat bukit hijau yang dapat dinaiki apabila ingin melihat pantai secara keseluruhan.

Selain itu di seberang pantai ini terdapat karang yang besar dan di atasnya ditumbuhi pepohonan yang lebat sehingga menjadi rumah untuk para burung singgah. Ombak di pantai ini tidaklah besar karena terhalang oleh batu-batu karangnya sehingga kita bisa berendam dengan nyaman.

Namun karena dasar dari pantai ini adalah batuan karang, tak jarang kaki kita lecet tergores. Sehingga carilah tempat untuk berendam yang nyaman, aku menemukanya di dekat jalan menuju ke atas bukit.

Berendam di tempat ini tidak perlu khawatir dengan terjangan ombak dan sakitnya karang, karena memiliki dasar pasir dan terhalang oleh karang yang besar di seberang sehingga nyaman untuk berendam.

Selain menikmati wisata pantainya, kita juga bisa mendirikan tenda di tempat ini, atau biasa disebut beach camp. Kemping di pantai menjadi primadona wisatawan untuk mengisi akhir pekan. Selain suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, kita bisa melihat taburan bintang di atas langit apabila tidak mendung.

Jungwok merupakan pantai yang bersahabat untuk mendirikan tenda, banyaknya pandan laut membuat tenda mudah didirikan karena tumbuhan ini menahan hembusan angin yang kencang. Apabila ingin memasak, tak perlu khawatir di tempat parkir ada kakek-kakek yang menjual kayu bakar bernama Mbah Soro sehingga bisa menghangatkan malam sambil mengobrol.

Pantai Jungwok juga memiliki aliran air yang mengalir dari sungai menuju laut, sehingga apabila kita kehabisan minum bisa mengambil dari tempat ini. Sungainya memang kecil, namun air yang mengalir cukup banyak. Saking alaminya masih banyak nelayan yang memancing di sini. Tidak hanya mencari ikan, namun ada juga yang mencari lobster.

Hal unik akan kalian temui apabila ada nelayan yang memancing dan mendapatkan ikan, meraka akan berteriak "Trek, Trek, Trek, Trek" dengan keras kepada para nelayan lain yang sedang memancing. Mungkin maksudnya adalah strike kali ya.

Kita juga bisa membeli ikan segar dari mereka untuk langsung disantap bersama, sayang kita harus membakar sendiri karena tidak ada warung yang menyediakan jasa pembakaran ikan. Namun, disitulah asiknya makan hasil cita rasa sendiri.

Menuju ke Pantai Jungwok cukup mudah, dari Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari hingga sampai di Bukit Bintang. Setelah itu kita menuju Kota Wonosari melewati Pathuk, kemudian akan sampai pada bunderan Wanagama dan ikuti saja petunjuk ke arah pantai.

Setelah mengikuti cukup jauh, ikuti petunjuk menuju Pantai Baron atau Kukup. Kemudian setelah ada pertigaan yang menunjukan menuju Pantai Siung kita mengikutinya, maka akan ada lagi petunjuk menuju Pantai Wediombo.

Terus ikuti saja petunjuk menuju Pantai Wediombo, hati-hati karena sebelum memasuki parkiran Pantai Wediombo ada tulisan dari kayu yang mengarah ke Pantai Jungwok, jangan sampai kebablasan seperti saya.

Dari petunjuk kayu ini ikuti saja jalan setapaknya. Hanya 1 kilometer saja, namun jalan terjal sangat parah. Tidak disarankan menggunakan kendaraan bermotor karena membuat pantat sakit. Selamat Menikmati Pantai Jungwok ya traveler!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED