Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Mar 2017 13:06 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terlalu Cantik, Ini Air Terjun Kepunyaan Sumba Barat

Arya Martin
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Air Terjun Lapopu yang cantik
Air Terjun Lapopu yang cantik
detikTravel Community -

Indonesia memang jagoan soal keindahan alam. Kali ini ada air terjun super cantik milik Sumba Barat yang masih tersembunyi.

Akhirnya saya bisa mengunjungi air terjun lapopu di Sumba Barat. Lapopu disebut-sebut sebagi air terjun paling unik di Sumba Barat.

Hanya dengan berkendara sekitar 60 menit dari kota Waikabubak saya tiba di pos jaga Taman Nasional Marupeu Tana Daru yang masuk dalam kawasan pemanfaatan hutan Katikuloku Resort Wanokaka. Di area ini juga terdapat Pembangkit Listrik Mini Hidro (PLTMH) Lapopu yang mana sumber airnya berasal dari air terjun Lapopu.

Setelah memarkir kendaraan dan lapor kepada penjaga Taman Nasional, saya dan beberapa teman berjalan menyusuri sungai sekitar 5 menit. Suara gemericik air sudah terdengar mulai kami berjalan. 

Tidak jauh, nampak jembatan bambu yang dibangun oleh swadaya masyarakat untuk membantu kami menyebrang sungai. Dari tengah jembatan inilah kita sudah bisa melihat keindahan air terjun Lapopu yang memiliki tinggi hingga 92 meter.

Ada beberapa hal yang membuat air terjun Lapopu dianggap paling unik. Tidak seperti air terjun kebanyakan, Lapopu merupakan air terjun yang keluar dari sebuah goa yang airnya jatuh memotong aliran sungai. 

Air terjun lapopu berbentuk cascade atau berundak-undak dengan kemiringan hingga 52 derajat. Sebaran airnya mengalir diantara pepohonan yang lebar alirannya mencapai 24 meter pada tinggat paling bawah. Cantik banget!

Air sungai tepat dibawah air terjun Lapopu berwarna hijau toska yang berasal dari kandungan kapur, sehingga membuat kesan sejuk. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang, namun juga harus tetap memperhatikan keselamatan, karena bebatuan di sekitarnya cukup licin.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED