Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Mar 2017 15:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Santai Dulu di Pantai Bira, Bulukumba

basri bachtiar
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pantai Bira dengan air yang bening sekali
Pantai Bira dengan air yang bening sekali
detikTravel Community - Setelah bekerja berhari-hari, tak ada salahnya beristirahat sejenak sambil bersantai di pantai. Misalnya saja ke Pantai Bira yang indah di Bulukumba.

Indonesia, negeri yang memiliki banyak pulau-pulau indah yang menyebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu pulau yang memiliki sejuta keindahan alam baik laut, gunung maupun lainnya yaitu Pulau Sulawesi.

Di Sulawesi kita dapat menemukan indahnya pegunungan, lebatnya hutan-hutan maupun taman nasionalnya dan pantai-pantai yang tidak kalah dengan destinasi lainnya di Indonesia.

Membahas Pulau Sulawesi, maka kita tidak ada salahnya menengok ke salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan yaitu Bulukumba. Pantai Bira memang sejak dahulu telah menjadi destinasi di Sulawesi Selatan yang paling diminati para traveler baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pantai Bira ini sangat indah memiliki reputasi yang sangat baik dikalangan para traveler. Keindahan Pantai Bira ini sudah tidak diragukan lagi, pantai yang terlihat sangat bersih, pasir pantai yang putih nan halus, serta kawasan yang sudah tertata rapi dan sangat baik.

Pantai Bira terletak di ujung Selatan Pulau Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Letak pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Bira yang merupakan akses penyeberangan untuk menuju Pulau Selayar hingga Takabaonerate.

Untuk menuju Pantai Bira, jika dari Kota Makassar kita harus menempuh waktu kurang lebih 5 jam. Melintasi Jalan Poros Makassar-Bulukumba melewati Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan kemudian Bulukumba.

Setelah melewati pusat kota Bulukumba kita hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Bira. Akses menuju pantai ini memang sangat mudah dan kondisi jalan juga yang sudah cukup bagus. Untuk kendaraan umum, kita dapat menggunakan bus menuju Selayar dan turun di Pelabuhan Bira atau menggunakan angkutan dengan biaya kurang lebih Rp 75.000 hingga Rp 100.000.

Untuk memasuki kawasan Pantai, kita dipungut retribusi Rp 10.000 per orang. Di Pantai Tanjung Bira juga sudah banyak sekali pilihan penginapan baik yang murah hingga jutaan per malam. Untuk wisata kuliner pun tak perlu khawatir karena di sepanjang jalan banyak sekali tempat yang menjual aneka macam makanan.

Di Pantai bira ini kita dapat melakukan banyak aktivitas seperti berenang, bermain pasir, dan juga dapat memacu andrenalin kita dengan bermain banana boat ataupun donuts boat yang akan melengkapi sensasi liburan kita. Selain itu juga, Di Pantai Bira ini juga kita dapat menikmati keindahan sunrise maupun sunset.

Tak hanya menampilkan garis pantai yang memesona, kita juga dapat melakukan aktivitas diving maupun snorkeling dengan menyewa perahu untuk menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang.

Untuk sewa perahu, ketika itu kami dikenakan biaya Rp 1 juta dengan tujuan Pulau Kambing dan Pulau Liukang dengan kapasitas perahu hingga 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk alat snorkeling lengkap.

Di Pulau Kambing kita dapat menikmati keindahan bawah laut yang indahnya sungguh luar biasa. Karang berwarna-warni dan ikan-ikan yang cukup banyak. Di Pulau Liukang, kita dapat bermain di pasir dengan air yang sangat jernih. Di Pulau ini juga terdapat penangkaran penyu. Untuk mausk ke penangkaran penyu dipungut biaya Rp 10.000 per orang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED