Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Apr 2017 09:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Musim Semi Tiba, Saatnya Menikmati Sakura di Jepang

IB Prasetyo
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Indahnya sakura yang bermekaran
Indahnya sakura yang bermekaran
detikTravel Community - Musim semi adalah waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang di Jepang. Karena bunga sakura akan mekar di seluruh Jepang. Cantik!

Awal musim semi juga ditandai dengan mekarnya bunga sakura. Sakura biasanya akan mulai mekar di akhir bulan Maret setiap tahun. Di Jepang, mekarnya bunga sakura berawal dari daerah Jepang selatan ( Pulau Kyushu ) lalu bergerak ke arah utara ke daerah Chubu, Kansai, Kanto, Tohoku kemudian akan berakhir di Pulau Hokkaido di utara.

Pergerakan mekarnya bunga sakura dari selatan ke utara ini bisa dengan mudah kita ikuti infonya melalui media atau biasa disebut sakurazensen. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk pergerakan ini.

Sehingga bila kita ingin melihat sakura yang sedang mekar dengan tepat, lebih baik bila kita check info tersebut sebelumnya, untuk mengurangi kekecewaan kita karena tidak pas dalam menentukan lokasi spot sakura.

Bunga sakura sendiri setelah puncak atau maksimal mekarnya, hanya bisa bertahan selama 2 atau 3 hari. Bila kita mengunjungi spot sakura dan timing kita tidak pas disaat puncak mekarnya sakura tersebut, kemungkinan besar sebagian bunga sudah rontok ataupun sebagian batang pohonnya sudah tumbuh daun-daun yang berwarna hijau muda . Situasi ini biasa disebut hazakura.

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan saat orang Jepang menonton bunga sakura atau ohanami adalah makan dan minum serta bernyanyi. Kita dapat dengan mudah menyaksikan atau menjumpai group dari orang-orang Jepang yang melakukan ini dibawah atau tempat sekitar spot bunga sakura.

Kebiasaan inipun sebenarnya sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu, terutama yang paling meriah dan terkenal adalah di era Daimyo Toyotomi Hideyoshi, yang mengadakan acara ini di Yoshinoyama.

Kalau anda punya waktu dan ingin menikmati sakura di musim semi tahun ini, silahkan check info mengenai mekarnya bunga sakura di internet sebelum anda menginjakkan kaki di Jepang. Siapa tahu, dari ratusan jenis sakura yang dapat ditemui di seantero Jepang selama sebulan awal musim semi ini, anda bisa bertemu dengan sakura pilihan anda , yang bisa jadi kenangan sepanjang hidup anda nanti.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED