Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Apr 2017 13:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yuk, Rileks Dulu di Talaga Bodas Garut

Meytika Fitria
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas
detikTravel Community - Talaga Bodas di Garut punya fasilitas untuk menghilangkan penat. Turis bisa berendam di kolam air panas atau sekadar menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Kali ini kami punya kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata garut yakni obyek wisata Kawah Talaga Bodas. Dinamakan Talaga Bodas karena air danaunya berwarna putih. Lokasi wisata ini berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Objek wisata Kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata pegunungan yang berada di Kabupaten Garut. Objek wisata ini merupakan sebuah danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah Gunung Talaga Bodas. Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi.

Objek wisata Kawah Talaga Bodas merupakan kawah belerang yang membentuk sebuah danau besar dengan air berwarna putih. Pemandangan serta panorama Talaga Bodas hampir mirip dengan Kawah Putih di Ciwidey Bandung, karena kedua talaga ini memiliki air danau yang berwarna putih kehijauan. Namun kadar belerang di Kawah Talaga Bodas ini cukup tinggi.

Sebelum kita sampai di lokasi wisata Talaga Bodas, kita akan disajikan panorama alam yang begitu menawan dan memanjakan mata. Tanah yang berbukit dengan kecuraman yang cukup tinggi.

Penduduk sekitar memanfaatkannya untuk menanam sayuran seperti kol dan tomat. Aktivitas yang dapat kita lakukan di Talaga Bodas yaitu fotografi, trekking, piknik atau hanya sekadar berjalan-jalan.

Kita bisa berkeliling menyusuri kawah untuk menikmati kecantikan Kawah Talaga Bodas serta mencari spot foto yang oke untuk selfie bersama teman, pasangan atau pun keluarga. Sekedar untuk merelaksasi setelah perjalanan jauh kita bisa berendam di pemandian air panas yang berada tidak jauh dari Kawah Talaga Bodas secara gratis.

Untuk menuju pemandian air panas ini kita cukup berjalan menyusuri rute ke arah kanan kawah. Bakal ada banyak ojek yang menawari anda. Tapi kalau menurut saya cukup berjalan kaki saja, dekat kok cuma 200 meter.

Selain itu jalannya datar sehingga tidak capek. Tak jauh dari pemandian air panas sekitar 30 meter berjalan kaki terdapat curug mini yang belum memiliki nama.

Untuk menuju lokasi tempat wisata Talaga Bodas kami menggunakan kendaraan roda empat serta mengandalakan GPS untuk sampai di lokasi wisata. Jalan menuju lokasi wisata sudah lumayan bagus namun saat mendekati lokasi wisata jalan banyak berlubang.

Jadi pastikan kendaraan yang kamu bawa fit serta cukup bensin karena tidak ada pom bensin atau penjual bensin eceran di sekitar lokasi wisata.

Setelah melakukan perjalanan panjang sampailah kita di lokasi wisata dan disambut dengan gapura selamat datang di Talaga Bodas. Serta membayar tiket Masuk sebesar Rp 9.500 per orang. Serta Biaya Parkir sebesar Rp 15.000.

Di area parkir sudah banyak pedagang jadi tidak usah khawatir kelaparan atau haus. Namun untuk fasilitas toilet masih jauh dari bersih. Semoga kedepannya fasilitas toilet bisa jadi perhatian penting.

Sebenarnya jalanan menuju lokasi kawah sudah bagus dan beraspal. Tapi untuk para pengunjung tidak diperbolehkan masuk sampai ke kawah dengan kendaraan. Pilihannya ada 2, jalan kaki sambil olahraga atau naik ojek dengan ongkos Rp 10.000 per sekali jalan.

Dan kalau kamu pintar menawar seperti teman kami kamu bisa sewa motor lepas kunci dengan harga Rp 30.000 sampai puas. Kami pun mencoba dua pilihan tersebut, di mana saya memilih berjalan kaki bersama dua orang teman sekalian olah raga pagi serta menikmati sejuk dan dinginnya udara Pagi di Talaga Bodas.

Sedangkan teman yang lain menyewa motor untuk sampai di Kawah Talaga Bodas. Yuk Berlibur Ke Kawah Talaga Bodas bareng pasangan terkasih, teman ataupun keluarga tercinta serta tetap menjaga kebersihan tempat wisata.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.