Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Apr 2017 10:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pukan, Pantai Cantik Untuk Habiskan Sore Di Bangka

Darwance Law
d'travelers
Foto 1 dari 5
Salah satu pondok di tepi Pantai Pukan.
Salah satu pondok di tepi Pantai Pukan.
detikTravel Community - Pulau Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki banyak pantai yang berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata. Salah satunya Pantai Pukan.

Hari minggu pagi, ada pesan masuk di salah satu akun sosial media yang saya miliki. Pak Dwi Haryadi, dosen sekaligus rekan kerja saya kini, bertanya perihal apa yang hendak saya kerjakan di hari libur itu.

Apabila lowong alias tak ada agenda, beliau meminta saya untuk ikut ke Pantai Pukan, tak jauh dari tempat kami tinggal di Pangkalpinang. Acaranya, menghabiskan sisa waktu dengan menikmati Pantai Pukan kala sore, seraya menikmati makananan yang kelak kami bawa dari Pangkalpinang.

"Pukul satu siang ya," tambah Pak Dwi lagi.

Menjelang jam yang telah kami sepakati, saya bergegas menuju kediaman Bu Sujadmi, kawan lain yang juga akan ikut mendatangai Pantai Pukan. Di sana, ada Luna Febriani dan Nurvita Wijayanti yang sudah siap meluncur menuju tempat kami akan menghabiskan sore.

Pantai Pukan terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Selain Pantai Pukan, ada banyak objek wisata serupa yang ada di daerah ini.

Selang tak berapa lama, kami tiba di Pantai Pukan, bertemu dengan Pak Dwi Haryadi dan Pak Ibrahim, masing-masing dengan keluarga. Hari itu, Pantai Pukan riuh oleh wisatawan yang datang.

Maklum, hari minggu. Sisa waktu di penghujung pekan itu dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang untuk menikmati sore di Pantai Pukan yang tenang. Apalagi, sore itu laut di Pantai Pukan sedang surut, sehingga cocok untuk mandi bagi anak-anak bagi rombongan yang membawa sert keluarga.

Pantai Pukan terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi selatan dan sisi utara. Masing-masing disi dihiasi oleh pondok-pondok tepi pantai berlantaikan papan, sengaja dibangun untuk wisatawan yang datang.

Selain sangat membantu wisatawan untuk berteduh seraya menggelar tikar lalu menyantap makanan, pondok-pondok ini menambah keelokan Pantai Pukan. Pondok-ondok ini bisa disewa dengan variasi harga. Hari libur dikenakan uang sewa sebesar Rp 50.000, dan hari biasa Rp 25.000.

Menghabiskan sisa waktu saat berada di Pulau Bangka, Pantai Pukan bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Selain letaknya yang hanya beberapa kilometer saja dari Pangkalpinang, suasana pantai yang tenang dijamin akan membuat lelah hilang seketika juga menjadi alasan mengapa pantai ini layak untuk didatangi.

Apalagi, untuk menikmati kecantikan pantai ini pengunjung hanya dipungut tiket seikhlasnya saja. Ingat, tetap jaga kebersihan pantai. Salam jalan-jalan terus!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA