Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mei 2017 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Satu Lagi yang Asyik di Lampung, Pantai Boom

rudi_rachmat
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Boom dengan latar belakang pesona Gunung Rajabasa
Pantai Boom dengan latar belakang pesona Gunung Rajabasa
detikTravel Community - Lampung tidak hanya punya Pulau Pahawang saja. Selain itu juga ada Pantai Boom yang tak kalah indah di Kalianda

Sebuah pantai nelayan yang indah, begitulah kesan pertama kita tatkala berada di pantai yang terletak di sebelah barat kota Kalianda ini. Dari Pantai Boom kita bisa memandang Gunung Rajabasa yang berdiri tegak dengan hamparan hutannya yang luas menghijau.

Saat cuaca bersahabat, di kejauhan akan terpampang pemandangan Gunung Anak Krakatau yang berada di balik gugusan Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi di Selat Sunda.

Apabila kita ingin menyambangi gunung api aktif itu pun, kita cukup mendatangi pantai dan dermaga Canti yang tak jauh dari pantai ini dan menyewa kapal nelayan untuk menuju ke sana.

Pantai Boom menjadi pelabuhan kapal-kapal nelayan yang bersandar di dermaga dengan apik. Tempat pelelangan ikan pun tersedia. Kita bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan yang baru saja merapat.

Pas malam hari pantai ini menjadi sentra kuliner laut yang banyak dikunjungi warga lokal, juga wisatawan untuk sekedar icip-icip aneka kudapan berbahan dasar ikan laut. Sejak petang pantai ini biasanya telah ramai didatangi untuk menikmati matahari tenggelam dengan indahnya.

Ketika musim durian tiba, Pantai Boom dan sepanjang jalan menuju ke sana akan banyak dijumpai pedagang raja buah ini. Buah Durian di sini adalah hasil dari hutan Gunung Rajabasa yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon durian yang telah tua dan tinggi, sehingga rasanya tidak mengecewakan.

Duriannya pun adalah jatuhan yang matang di pohon. Buah ini dapat dinikmati di pantai sambil mendengar deburan lembut ombak di dermaga, sungguh sebuah sensasi pantai yang tiada duanya. Pedagang tempoyak kudapan mentah hasil fermentasi durian juga ada, yang penjualannya secara kiloan di dalam plastik.

Arena bermain anak-anak pun tersedia dengan pantauan orang tua yang mudah. Juga atraksi berbentuk lingkaran bagi mereka yang ingin mempertontonkan kebisaannya, lengkap dengan tempat duduk penonton.

Spot-spot cantik untuk berfoto baik di pantai maupun di daratannya ada pula. Ya, bagaimanapun pantai ini menjadi bagian yang menjadikan Kota Kalianda sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi manakala kita melancong ke kabupaten Lampung Selatan, karena kota ini lengkap dengan gunung dan pantai yang saling berdekatan.

Di Kota Kalianda, kita bisa pula berwisata ke pantai-pantai selain Pantai Boom dan Pantai Canti yang berada di dekatnya, seperti Pantai Wartawan, Pantai Batu Kapal, Pantai Gunung Botak, Pantai Merak Belantung, Pantai Bagus juga Pantai Laguna Helau di Kabupaten Lampung Selatan.

Terdapat pula kolam pemandian air panas Way Belerang, juga air terjun Way Kalam yang indah dengan tujuh tingkatannya. Sedang bagi yang menyukai wisata ziarah, terdapat Makam Pahlawan Radin Intan II.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED