Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Apr 2017 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Derawan, Surga Tropis di Kalimantan Timur

Arya Martin
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pemandangan penginapan yang berada di atas air laut
Pemandangan penginapan yang berada di atas air laut
detikTravel Community - Nama Derawan memang sudah terkenal dengan keindahannya. Bagai surga di negara tropis, Derawan memang manis.

Ada yang menarik ketika saya dan beberapa teman yang merupakan pemenang the d'Traveler of the year 2016 mengunjungi pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, apa itu?

Beberapa saat setelah tiba di pulau ini kami langsung berjalan-jalan di sekitar area penginapan yang berada menjorok diatas air laut. Sangat indah pemandangan dari kamar kami, air laut yang jernih sangat memanjakan mata.

Kami menyusuri lantai kayu yang disusun rapi mengarah ke area daratan pulau Derawan. Di sana terdapat rumah-rumah penduduk lokal dengan segala aktifitas kesehariannya.

Daratan pulau Derawan hampir semua di lapisi oleh pasir putih yang menjadi penghias alami kampung Derawan. Pulau ini memiliki luas sekitar 44 ha, dimana 30 ha difungsikan sebagai permukiman.

Rumah-rumah yang dibangun di atas pulau ini memiliki bentuk yang khas dan penduduknya sangat murah senyum. Angin bertiup-tiup pelan diantara batang-batang pohon kelapa, sangat cocok rasanya jika menyebut pulau Derawan ini sebagai surga tropis di Indonesia.

Penduduk pulau ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, hal ini juga yang membuat acara jalan-jalan kami kerap menemuan ikan yang di jual di depan rumah penduduk. Selain menjadi nelayan, penduduk juga diberdayakan sebagai penunjang pariwisata Derawan, mulai sebagai penyedia akomodasi dan transportasi hingga menjadi pemandu wisata.

Untuk menuju pulau Derawan kita bisa menggunakan speed boat dari pelabuhan Tanjung Batu atau Tanjung Redep. Penginapan di pulau Derawan memang relatif lebih murah dari resort-resort yang ditawarkan di pulau lain di sekitar kepulauan Derawan. Para traveler yang mencari tempat berlibur dengan nuansa tropis yang kental tidak akan kecewa datang ke pulau Derawan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED