Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Apr 2017 14:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kembali ke Masa Kolonial di Kota Tua

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Museum Fatahilah
Museum Fatahilah
detikTravel Community - Siapa yang tidak kenal Kota Tua Jakarta. Keunikan suasana dan bangunannya membuat pengunjung seperti kembali ke masa kolonial.

Menyusuri kota tua Jakarta, kita merasa berada di tempat dan waktu yang berbeda. Sejak turun dari komuter line di stasiun jakarta kota, suasananya sudah berbeda. Bangunan stasiun yang dipertahankan sesuai aslinya, nampak berbeda dengan stasiun-stasiun lain sebelumnya yang cenderung modern.

Perjalanan ke kota tua, dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati sebuah gedung bank pemerintah yang besar, masih dengan bangunan lama.

Perjalanan yang tidak memakan waktu terlalu lama pun, akan megantar kita ke kawasan wisata kota tua. Museum Fatahilah yang berhadapan dengan gedung kantor pos, dan museum keramik di sisi sebelah kanan serta museum wayang di sebelah kanan menandai landmark kota jakarta ini.

Tempat ini adalah pusat pemerintahan dan pusat perdagangan di masa lalu. Tak heran jika ditempat ini, banyak kita jumpai gedung-gedung besar dengan arsitektur gaya belanda dan dengan pilar dan jendela besar. Letaknya yang tidak jauh dari pelabuhan sunda kelapa , menjadikan tempat ini sangat strategis, mengingat tranportasi saat itu banyak melalui laut.

Berada di kawasan kota Jakarta, seakan kita kembali terlempar ke masa silam. Ada banyak sepeda yang disewakan di tempat ini, lengkap dengan topi ala noni belanda. Ada pula model dengan pakaian lengkap, berpayung dan bertopi yang siap diajak berfoto . Jangan lupa untuk dengan memberi imbalan dalam jumlah tertentu.

Hal yang menarik lainnya adalah gedung-gedung besar yang memiliki kekhasan bangunannya. Sebagian gedung memang nampak mulai hancur, tetapi banyak pula gedung-gedung yang masih dalam kondisi baik dan terawat.

 Terbukti bahwa bangunan tempo dulu dibuat dengan bahan yang baik dan kontruksi yang kuat sehingga bisa bertahan sampai sekarang. Saat senja menjelang, suasana makin terasa berbeda. Lampu -lampu sekitar kota tua memberi nuansa indah dibalik gedung-gedung yang menyimpan banyak cerita.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED