Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Apr 2017 14:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Museum Megah di Jakarta Ini Dulunya Rumah Sakit

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pintu masuk museum
Pintu masuk museum
detikTravel Community - Di kawasan Kota Tua Jakarta, berdiri Museum Bank Indonesia yang megah. Sebelum menjadi museum, bangunan tersebut sempat digunakan sebagai rumah sakit.

Gedung yang berlokasi tepat di depan Stasiun Jakarta Kota terbuka untuk pengunjung dari mulai jam 08.00-16.00. Dengan tiket seharga Rp 5.000 kita sudah bisa melihat berbagai macam koleksi yang ada di tempat ini.

Museum Bank Indonesia menjadi satu dari 10 museum terbaik di Indonesia pilihan wisatawan. Di museum ini kita bisa memperoleh informasi terkait dengan sejarah panjang perjalanan perbankan di Indonesia.

Di dalam museum ini terdapat ruang teater, koleksi mata uang, koleksi seragam tentara Belanda, Jepang, Indonesia, ruang contoh bank pada jaman dahulu, dan masih banyak lagi. Selain berisi sejarah perkembangan perbankan di Indonesia, gedung ini juga memiliki kisah menarik.

Di antaranya pada awal berdirinya, sebelum menjadi bank gedung ini adalah sebuah rumah sakit yang bernama Binnen Hospitaal. Sehingga tidak heran jika pada awalnya, gedung ini memiliki aroma karbol khas rumah sakit yang teramat kental.

Diresmikan pada tanggal 21 Juli 2009 oleh Presiden Republik Indonesia, museum ini semakin modern. Hal ini terlihat dengan adanya beberapa alat peraga yang sudah menggunakan LCD, layar sentuh dan parabolic speaker. Tata cahaya dan penataan koleksi juga sangat baik, sehingga pengunjung merasa nyaman saat berkeliling ke museum.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Jalan Menuju Kematian

Rabu, 23 Agu 2017 22:50 WIB

Sebuah jalan di Inggris dianggap begitu berbahaya karena telah menelan banyak korban jiwa. Inilah Broomway, julukannya jalan menuju kematian.

Foto: Desa dari Botol Plastik

Rabu, 23 Agu 2017 20:10 WIB

Desa ini sangat unik. Bangunan di desa ini bukan dari kayu maupun beton, tetapi dibangun dari ribuan sampah botol plastik. Seperti apa ya?