Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Apr 2017 13:09 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tempat Ibadah Semua Umat di Bandara Changi, Singapura

Ali Mutasowifin
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Papan nama multi-religion prayer room di Bandara Changi, Singapura
Papan nama multi-religion prayer room di Bandara Changi, Singapura
detikTravel Community -

Bandara Changi di Singapura memiliki banyak faslitias, termasuk untuk menunaikan ibadah. Inilah Multi Religion Prayer Room, ruangan ibadah untuk semua umat.

 

Begitu mudah bagi umat Muslim untuk salat di bandara-bandara di Indonesia. Kondisi berbeda terjadi jika kita melancong ke luar negeri. Terkadang, karena tuntutan jadwal perjalanan, kita terpaksa harus transit di bandara dalam waktu yang tidak sebentar. Apabila lelah mendera dan tidak berkeinginan untuk berbelanja, kita dapat sejenak beristirahat sembari salat.

 

Hampir semua bandara besar saat ini telah menyediakan tempat khusus untuk salat. Barangkali karena berkeinginan untuk berlaku adil, sementara dibatasi oleh ruangan yang tidak cukup tersedia, banyak bandara menawarkan solusi yang barangkali terkesan aneh bagi kacamata orang Indonesia.

 

Di Bandara Changi di Singapura, kita dapat menemukan tempat salat yang dinamai Bilik Solat atau Multi Religion Prayer Room. Tapi jangan kaget, karena ruangan itu tidak dikhususkan untuk umat Muslim saja, melainkan bebas digunakan oleh seluruh penganut agama apa saja. Hal serupa dapat kita temui di Bandara Hongkong.

 

Taoyuan International Airport, Taiwan, memiliki cara lain untuk melayani pengguna bandaranya. Bandara yang terletak dekat dengan Taipei, ibukota Taiwan, ini menyediakan prayer room dengan bilik-bilik khusus untuk beragam agama dengan letak samping menyamping.

 

Tapi sayang, tidak ada tempat wudhu khusus di dekat prayer room, sehingga cukup merepotkan jika ingin bersuci dengan air. Meskipun prayer room ini lebih sering terlihat senyap, upaya pengelola bandara untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjungnya sangat diapresiasi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED