Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jul 2017 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Gedung Bersejarah Peninggalan Belanda di Surabaya

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Tampak samping gedung
Tampak samping gedung
detikTravel Community - Surabaya ternyata punya gedung bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda. Silakan lihat dan kagumi Gedung PTPN XI yang megah ini.

Gedung PTPN XI ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih apik dan terawat. Gedung PTPN XI dibangun pada tahun 1900-an oleh 3 arsitek sekaligus yakni Hulswit, Fermont dan Ed Cuypers.

Sebelum berubah menjadi PTPN XI yang mengurusi masalah perkebunan Gula, gedung ini merupakan Schonwburg atau teater pertunjukan karena terus merugi akhirnya diambil alih oleh Pemerintah Indonesia.

Arsitektur gedung PTPN XI sangat mencerminkan bangunan khas Belanda, seperti pintu dan jendela yang berukuran besar, tiang besar gagah yang lebih dari satu dan masih banyak lainnya. Jika dilihat lebih dalam lagi sebenarnya bangunan PTPN XI ini terdiri dari tiga bangunan terpisah, bukan satu kesatuan.

Tiga bagian itu adalah sayap kanan, sayap kiri dan bangunan utama, ketiganya hanya dipisahkan dengan jarak tiga sentimeter saja! Unik bukan? Oleh karenanya banyak pengunjung yang tidak menyadari jarak tersebut yang lebih mirip garis retakan biasa. Hal demikian dilakukan karena tanah tempat bangunan ini berdiri termasuk tanah yang rapuh dan mudah bergeser.

Oleh karena itu, diciptakanlah sistem tersebut dengan maksud jika terjadi pergeseran di salah satu bagian bangunan maka bangunan tersebut bisa ditopang oleh bangunan lainnya. Jadi, bangunan PTPN XI ini akan tetap berdiri kokoh meski terjadi pergeseran tadi.

Memasuki ruangan ini kita akan melihat aula yang luas dengan anak tangga yang mempunyai lantai marmer asli Belgia. Kesan mewah pun langsung terpancar bahkan ketika kita baru memasuki latarnya. Di sisi sebelah kanannya ada bangku dan meja yang terbuat dari kayu jati, bila diperhatikan pada sandaran bangkunya terdapat ukiran tiga lambang yakni lambang kota Surabaya, HVA dan lambang kota Amsterdam.

Jika Anda berkunjung pada hari libur kerja, Anda bisa mengunjungi lantai dua gedung PTPN XI ini. Namun, bila Anda datang pada saat hari kerja, Anda hanya bisa mengunjungi lantai satu dan halaman belakang saja karena pada hari biasa gedung ini dipergunakan sebagai kantor biasa.

Buat Anda yang menyukai fotografi, arsitektur gedung ini sungguh apik bila diabadikan dengan lensa kamera. Bentuknya yang megah dan berwarna coklat kemerahan ini makin cantik berpadu dengan hijaunya rerumputan di halaman depan gedung yang luas.

Untuk menuju ke sini, cara yang paling mudah adalah dengan mengikuti Surabaya Heritage Tour (SHT) yang tersedia di House Of Sampoerna setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Tour atau masuk ke gedung PTPN XI ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.