Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jul 2017 13:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tempat Wisata Kamu Selanjutnya di Flores: Manulalu

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 4 dari 5
Tanaman di area Panorama Manulalu beserta patung ayam jago
Tanaman di area Panorama Manulalu beserta patung ayam jago
detikTravel Community - Diam-diam, Flores menyimpan keeksotisan panorama wisata yang satu ini. Berlatar gunung yang cantik tempat ini akan jadi destinasi kamu selanjutnya, Manulalu.

Setelah mendapat informasi dari pemilik hotel tentang obyek wisata yang wajib di kunjungi ketika berkunjung di Bajawa saya pun berangkat keesokan harinya. Seperti daerah lain di Flores pada umumnya transportasi masih menjadi kendala.

Tersedia angkutan umum tapi tidak mencapai ke seluruh wilayah. Tapi jangan khawatir, tersedia ojek yang siap mengantar ke seluruh pelosok Bajawa.

Untuk mencarinya juga tidak sulit, karena mereka stand by di setiap ujung jalan. ketika saya sedang asyik berjalan, si ojek pun berupaya menawarkan jasanya, mereka sepertinya tahu kalau saya adalah pelancong.

ketika saya berdiri di ujung jalan, semua bapak/mas ojek berbondong-bondong mengelilingi saya,saatnnya membuat penawaran yang pas. Setelah harga yang saya tawarkan di sepakati oleh salah satu dari mereka, saya pun berangkat.

Setelah mengunjungi kampung Bena, perjalanan di teruskan menuju Panorama Manulalu. Medannya berlika-liku naik turun sepertinya jalanan lainnya di Flores.

Ternyata tempat ini masih dalam proses konstruksi. Setelah di persilakan masuk oleh tim pekerjanya,saya pun memasuki areanya. Memang benar kata pemilik hotel tempat saya menginap, di sini kita bisa mendapat pemandangan Gunung Inerie 360 derajat beserta perbukitan di sekitarnya.

Gunung Inerie yang berarti ibu yang cantik memiliki ketinggian 2245 mdpl dan masih aktif. Memang tidak terlalu tinggi, tapi untuk sampai di atas puncaknya bukan pekerjaan yang mudah karena bentuknya yang runcing seperti piramida.

Ini juga alasan kenapa saya tidak mendakinya. Bisa menikmati indahnya pemandangannya saja sudah cukup bagi saya.

Setelah cukup puas memandanginya dan menghirup udara segar di sekitarnya, saya pun bergegas untuk melanjutkan perjalanan lagi. Sebenarnya tiket masuknya hanya Rp 2000 saja.

Tapi karena tidak ada yang jaga dan tempat ini masih di bangun, saya pun memberikan uang rokok kepada salah seorang pekerjanya. Karena mereka ramah dan menyenangkan. Tidak jauh dari sana ada spot lain juga yang bisa kamu kunjungi, Malanage Hotspring.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED