Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Jun 2017 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masuk ke Rumah Adat Belitung, Seperti Kembali ke Masa Lalu

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 4 dari 5
Foto - foto lawas
Foto - foto lawas
detikTravel Community - Liburan ke Belitung, sempatkan juga untuk berkunjung ke rumah adatnya. Masuk ke dalamnya, traveler seakan kembali ke masa lalu.

Rumah adat itu sendiri merupakan representatif dari kebudayaan sebuah wilayah, tak terkecuali di Belitung sendiri. Di Belitung warga masyarakatnya menyebut rumah adat Belitung sebagai rumah Panggong atau Rumah gede.

Sesuai dengan namanya rumah adat Belitung memang berbentuk Panggung dengan ukuran yang cukup besar. Rumah adat Belitung ini hampir 90 persen berbahan dasar kayu, kayu yang digunakan pun jenisnya macam-macam tergantung kegunaannya.

Memasuki rumah adat ini kita akan melihat hiasan berbentuk payung berwarna-warni yang menjadi tanda selamat datang, hiasan ini disebut kembang goyang.

Kemudian kita akan menaiki tangga ke arah teras dan ruangan utama yang terlihat sangat luas. Ruangan utama di Belitung difungsikan untuk kegiatan keluarga seperti berkumpul sanak keluarga ataupun pengajian.

Salah satu konsep khas rumah Belitung adalah ruangannya yang tidak memiliki kamar atau bilik-bilik, jadi untuk tidur tidak di kamar melainkan bersam-sama dalam satu ruangan.

Di ruangan utama ini kita akan melihat ranjang pengantin dan berbagai macam kelengkapan pernikahan yang dilaksanakan di Belitung seseuai dengan adat yang berlaku di sana.

selain itu di ruangan utama ini. terdapat pula foto-foto kegiatan pernikahan adat Belitung zaman dahulu beserta jejeran foto-foto dari toko-tokoh Belitung tempo dulu.

Ruangan berikutnya adalah sebuah ruangan luas juga yang berfungsi sebagai dapur. Oh iya, sebelum memasuki dapur biasanya kita melewati sebuah ruangan kecil penghubung yang disebut loss. Dapur di sini ada dua buah, dapur bersih dan dapur kotor. Banyak terdapat alat-alat dapur di sini, selain itu ada alat penumbuk padi dan lainnya.

Uniknya dari rumah adat Belitung ini adalah pengukurannya tidak menggunakan meteran tapi menggunakan Dulang yakni alat dapur semacam penutup makanan dari Belitung. Cara menghitungnya misalnya panjang rumah 15 dulang dan lebar rumah 10 dulang.

Mereka memperhitungkan jumlah dulang yang akan dihidangkan jika nanti mereka mengadakan acara. Satu dulang biasanya berisi lauk pauk dan nasi untuk empat orang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.