Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Jun 2017 19:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Mudik ke Cirebon, Siap-siap Menggoyang Lidah

Deny Oey
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Tahu gejrot
Tahu gejrot
detikTravel Community - Bagi traveler yang mudik ke Cirebon, pasti tidak sabar untuk menyantap aneka kuliner di sana. Dari empal gentong sampai nasi jamblang, pasti menggoyang lidah.

Biasanya orang menyebut Cirebon sebagai kota udang atau kota keraton. Kota ini memang memiliki sejarah panjang sehingga ada banyak situs-situs dan peninggalan bersejarah dari abad lampau. Namun, Cirebon juga memiliki banyak kuliner khas yang sayang jika dilewatkan atau luput untuk dicicipi.

Salah satunya adalah nasi lengko atau sega lengko. Kuliner satu ini sering dijumpai di warung-warung pinggir jalan. Nasi lengko adalah menu rumahan sederhana yang terdiri dari nasi putih dengan lauk potongan tahu dan tempe goreng, mentimun (yang sudah dirajang), ditambah tauge, daun kucai dan bawang goreng. Nasi kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis encer, ditambah sambal sebagai pelengkap.

Kemudian ada kuliner yang kerap kita jumpai di ibukota, tahu gejrot. Mungkin hanya segelintir orang yang tahu bahwa tahu gejrot adalah kuliner asli Cirebon. Hanya saja tahu gejrot asli Cirebon hanya berupa potongan tahu. Tak seperti di kota lain yang sudah ditambah dengan risol dan aci.

Tahu gejrot disajikan diatas layah atau wadah kecil tempat mengulek bumbu. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu sumedang yang dipotong kecil-kecil. Setelah bumbu seperti cabai dan bawang sudah dihaluskan, tahu dituang diatasnya kemudian disiram oleh kuah tahu gejrot yang berasal dari air asam jawa dan gula merah.

Tak lengkap rasanya jika menyebut kuliner khas Cirebon tanpa menyertakan empal gentong. Ya, empal gentong mudah ditemukan disini karena berseliweran di jalan raya. Mulai dari kaki lima sampai resto bintang lima semua menyajikan empal gentong sebagai menu utama.

Empal gentong adalah potongan daging sapi dan jeroannya yang dimasak diatas wadah panci tanah liat atau gentong. Makanan berkuah ini dimasak menggunakan arang atau kayu hingga bumbunya menyatu dan meresap. Kuah kuningnya beraroma harum dan khas. Dengan tambahan acar, sambal dan kecap manis, empal gentong sudah siap untuk disantap.

Untuk menemani empal gentong di meja makan, ada sate kambing muda khas cirebon. Sate ini terdiri dari potongan daging dan jeroan muda dengan tambahan acar dan bumbu kacang. Rasanya yang juicy sangat cocok di lidah usai menyantap makanan berkuah.

Sebenarnya masih ada banyak kuliner khas Cirebon lainnya seperti nasi jamblang, bubur sop, ketoprak, dll. Namun setidaknya nama-nama diatas sudah cukup mewakilkan kelezatan kuliner khas kota udang ini.

Jadi, kapan kamu ke Cirebon?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mau Tahu Kode-kode Pilot?

Rabu, 18 Okt 2017 05:00 WIB

Dalam tiap penerbangan, pilot akan memberikan informasi di udara. Namun, ada saja bahasa yang sulit dimengerti. Ternyata, itu adalah kode dalam penerbangan.