Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Jun 2017 14:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Itinerary Island Hopping Seru di Belitung

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Mercusuar di Pulau Lengkuas
Mercusuar di Pulau Lengkuas
detikTravel Community - Mudik ke Belitung, saatnya bertemu keluarga serta wisata bersama. Salah satu aktivitas yang menarik dicoba adalah island hopping.

Tak bisa dipungkiri jika Bangka Belitung menyimpan banyak kekayaan alam yang bisa kita eksplor bila sedang berkunjung ke sana. Salah satunya adalah wisata bahari yang kini menjadi potensi wisata utama di sana.

Oleh karena itu, island hopping menjadi satu kewajiban jika berkunjung ke Bangka Belitung. Island hopping itu sendiri berarti kegiatan berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya dalam kurun waktu tertentu.

Untuk kegiatan ini banyak pengunjung yang menggunakan jasa wisata untuk mengatur perjalanan island hopping ini, tapi jangan khawatir buat pengunjung yang tak ingin menggunakan jasa wisata tersebut tetap bisa mengikuti kegiatan island hopping juga kok.

Untuk island hopping, pengunjung membutuhkan perahu yang bisa disewa dari penduduk setempat. Satu perahu bisa diisi sampai lebih dari lima orang, tergantung dari jenis kapalnya.

Untuk memulai perjalanan pengunjung biasanya pergi ke Pantai Tanjung Kelayang, di situ banyak perahu bersandar yang siap mengantar para pengunjung ber-island hopping. Waktu tempuh dari pusat Kota Tanjung Pandan ke Pantai Tanjung Kelayang ini hanya sekitar 1 jam naik kendaraan bermotor.

Pulau kepala burung menjadi pulau pertama yang bisa dikunjungi. Sesuai namanya di sana ada tumpukan batu yang bila dilihat dari kejauhan mirip kepala burung. Namun sayang semenjak beberapa waktu lalu pulau ini tidak bisa masuk sembarangan karena ada sengketa lahan memperebutkan pulau ini.

Jadi biasanya pengunjung hanya cukup puas dengan berfoto di sekitar pulau ini dari atas kapal, dan berfoto dengan latar belakang batu yang menyerupai kepala burung.

Pulau batu berlayar merupakan destinasi kedua dari island hopping. Dinamakan batu berlayar karena di sana ada sebuah batu granit besar dan tinggi yang bila dilihat mirip dengan layar sebuah kapal. Pulau kecil ini berisikan batu-batu besar yang bila dilihat dari atas menyerupai sebuah gugusan.

Tujuan berikutnya adalah Pulau pasir atau Gosong yakni sebuah pulau ajaib di perairan Belitung. Disebut ajaib karena pulau ini hanya nampak di waktu-waktu tertentu saja yakni pada waktu laut surut.

Oleh karena itu pengunjung yang ingin berkunjung ke sini sebaiknya di bawah pukul 15.00 WIB. Pulau pasir ini mempunyai tekstur pasir yang sangat lembut berwarna putih dan gradasi air lautnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jangan lupa berfoto dengan bintang laut yang banyak terdampar di sini ya.

Pulau Lengkuas menjadi destinasi utama ketika ber-island hopping di Belitung. Di Pulau Lengkuas terdapat sebuah mercusuar yang dijadikan ikon Bangka Belitung saat ini.

Pengunjung dapat menaiki mercusuar dengan menapaki ratusan anak tangga yang ada. Jika sampai di puncak maka pemandangan spektakuler di bawah mercusuar ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Siap-siap dibuat terpesona ya. Selain itu di sini juga ada spot cantik untuk pengunjung snorkeling.

Lelah dan lapar pasti melanda setelah bermain di pulau-pulau tadi. Maka pilihan makan siang kita bisa berkunjung ke Pulau Gede Kepayang. Di sini terdapat sebuah tempat makan yang menyediakan aneka menu seafood andalan.

Teh dan kopi hangat tersedia gratis bagi pengunjung. Menikmati santap siang ditemani dengan pemandangan indah dan musik yang menghentak membuat kita melupakan sejenak lelah dan penat pikiran.

Kunjungan yang terakhir adalah pergi ke Pantai Tanjung Tinggi atau biasa juga disebut Pantai Laskar Pelangi. Disebut Pantai Laskar Pelangi karena pantai ini pernah dijadikan lokasi shooting film Laskar Pelangi dan Sang pemimpi.

Pantai Laskar pelangi ini didominasi oleh batuan besar dan tinggi. Sehingga terlihat seperti di dunia antah berantah. Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini karena semburat jingga yang muncul di sini sangat indah untuk menutup aktivitas island hopping seharian di Belitung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.