Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jul 2017 14:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Spot Snorkeling di Sulawesi Selatan

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 4 dari 5
Pulau Liukang Loe
Pulau Liukang Loe
detikTravel Community -

Indonesia menjadi surganya para pecinta keindahan pantai dan bawah lautnya. Tidak hanya bagi yang sudah profesional, bahkan pemula pun bisa merasakan keindahan bawah laut.

Salah satu pulaunya ada di kawasan Sulawesi untuk bersnorkeling ria. Salah satu spotnya ada di Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Merupakan sebuah pulau kecil yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Pantai Tanjung Bira. Meski diberi nama Pulau Kambing, nyatanya tidak ada seekor kambing pun di sana yang dapat kita temui. Bahkan pulau ini pun sebenarnya tidak berpenghuni.

Menurut Bapak pengemudi perahu di mana saya menumpang, awal penamaan Pulau Kambing ini adalah karena zaman dahulu pulau ini tempat menggembala kambing. Namun lama kelamaan ditinggalkan penduduk karena kambing mereka habis dimakan ular. Meski begitu, sebenarnya cerita tersebut hanya cerita dari mulut ke mulut, belum terbukti keabsahannya.

Pulau Kambing ini juga tidak seperti pulau pada umumnya yang berpasir putih, namun berbentuk tebing yang menjulang tinggi. Lokasi snorkeling yang berada di dekat tebing pun tidak terlalu dalam. Pemandangannya indah dengan ikan warna-warni dan terumbu karang yang cantik. Agak sedikit menjauh dari tebing kita akan menemui terumbu karang yang lebih cantik dengan formasi kontur tebing menjorok ke dalam laut.

Snorkeling di Pulau Kambing ini menguras banyak tenaga karena arus bawah lautnya yang agak kencang. Oleh karena itu, pastikan badan dalam keadaan fit yah.

Selesai lelah snorkeling di Pulau Kambing, kita bisa bertolak ke Pulau Liukang Loe untuk menikmati santap siang. Tak seperti Pulau Kambing yang tak berpenghuni, pulau ini dihuni oleh penduduk dan ada restoran apung yang dikelola masyarakat sekitar. Menu utamanya adalah ikan bakar yang ditangkap langsung dari laut ketika kita memesan. Sambil menunggu ikan di bakar, kita bisa bermain dengan kura-kura di dekat restoran.

Puas mengisi perut, kita bisa melanjutkan snorkeling di Pulau Liukang Loe ini. Kedalamannya tidak begitu dalam dengan keragaman hayati yang melimpah. Di sini arus cenderung tenang, jadi aman untuk kita yang ingin snorkeling santai.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED