Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jul 2017 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sudah Tahu, Ada Destinasi Cantik dari Pesisir Selatan Sumbar

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Jembatan Akar Bayang yang unik
Jembatan Akar Bayang yang unik
detikTravel Community - Menghabiskan waktu liburan di Sumatera Barat bisa menjadi pilihan. Salah satu destinasinya ada di Negeri Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Negeri Bayang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, yang bila ditempuh dari Kota Padang kira-kira menghabiskan waktu dua jam perjalanan menggunakan mobil. Banyak objek menarik yang bisa dikunjungi lho traveler!

Saya mengunjungi Bayang untuk mengisi waktu libur lebaran sekaligus bersilaturahmi dengan salah seorang teman saya yang berasal dari sana. Saya sangat beruntung bisa mengenal Bayang.

Ternyata daerah ini memiliki pemandangan yang Indah, mulai dari sawah padi yang menghijau luas bak permadani, bukit barisan yang memanjang, air terjun hingga jembatan unik yang terbuat dari akar. Semuanya ada di sini.

Pertama saya diajak untuk mendaki sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi. Bukit itu bernama Bukit Bendera. Untuk mencapai puncak bukit ini hanya dibutuhkan waktu 15 sampai 30 menit trekking dengan kondisi jalur yang masih terbilang mudah, jalurnya juga tertata dengan baik.

Puncak Bukit Bendera ditandai dengan tiang bendera dimana berkibar bendera Merah Putih berukuran besar. Dari puncak ini kita bisa menyaksikan pemandangan Nagari Bayang dari ketinggian. Selain itu dari sini juga nampak dengan jelas Samudera Hindia dari kejauhan lho!

Di atas bukit juga terdapat rumah pohon, dan pastinya jangan lupa berfoto ya traveler!

Selanjutnya, kami mengunjungi Air Terjun Bayang Sani. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan. Terdapat dua tingkat air terjun yang bisa dikunjungi wisatawan. Di tingkat pertama air terjun bercabang tiga yang mengalir meliuk-liuk di atas bebatuan cadas.


Untuk menuju tingkat kedua, pengunjung harus trekking terlebih dahulu. Jaraknya sekitar 500 meter dari tingkat pertama. Berbeda dengan tingkat pertama, air terjun di tingkat kedua masih sepi dari pengunjung. Tinggi air terjun ini 24 meter yang di bawahnya terdapat lubuk berwarna hijau. Berarti lubuknya dalam!

Terakhir, saya diajak menuju Jembatan Akar Bayang. Obyek wisata yang satu ini memang sudah sangat populer karena keunikannya. Saya merasa senang bisa melihat jembatan unik ini,  karena dari dulu saya memang penasaran dengan objek ini. Sekarang saya bisa melihat langsung!

Dari informasi yang berada di pintu masuk Jembatan Akar Bayang diceritakan bahwa jembatan yang berada di atas Sungai Bayang Besar. Jembatan ini didirikan oleh seorang ulama yang tinggal di Desa Pulut bernama Fakih Sokan. Tujuannya mendirikan jembatan ini agar murid- muridnya yang berada di Desa Lubuk Silau,  yang berada di seberang sungai bisa dengan mudah pergi mengaji ke surau.

Jembatan ini dibangun dengan dengan melilitkan akar-akar beringin yang tumbuh di kedua sisi sungai. Dibutuhkan waktu 25 tahun hingga akhirnya jembatan akar bisa digunakan. Wow!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED