Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jul 2017 11:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Canyon Terbesar Kedua di Dunia: Ihlara Valley

Fahsya Azani
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
jalur trekking dengan sungai yang sangat indah
jalur trekking dengan sungai yang sangat indah
detikTravel Community - Turki tidak hanya punya gadis-gadis cantik, tapi juga pemandangan yang eksotis. Salah satunya bahkan menjadi canyon terbesar kedua di Dunia, Ihlaara Valley.

Bulan mei lalu aku berkesempatan mengunjungi Turkey. Salah satu kota yang aku kunjungi adalah Cappadocia. Jika kita mengunjungi Cappadocia, kita biasanya akan ditawarkan 2 jenis tour yang dibedakan dari garis perjalananÂuntuk mengexplore tempat wisata disini. Ada Red dan Green tour.

Kebanyakan touristÂtermasuk saya lebih memilih green tour. Hal ini dikarenakan green tour mengunjungi tempat yang cukup jauh sehingga akan susah dan memakan biaya jika dikunjungi sendiri.

Sedangan tempat yang dikunjungi oleh red tour, bisa didatangi sendiri jika kita menginap dipusat kota cappadocia. Salah satu tempat yang kami kunjungi dalam green tour adalah Ihlara Valley.

Ihlara Valley merupakan canyon terbesar ke-2 setelah Grand Canyon di Amerika. Sebelum kami memulai mengexplore Ihlara Valley, kami dijamu untuk makan siang terlebih dahulu disebuah restoran yang terletak dipinggir sungai.

Lebih tepatnya, restoran ini berada di atas sungai. Ya, pondok-pondok dibangun sedemikian rupa diatas sungai. Sehingga kami merasa sangat menyatu dengan alam.

Aku duduk bersama sepasang suami istri berkebangsaan India, sepasang kekasih dari Peru, dan seorang pria berkebangsaan Mexico. Makanan sudah set menu, sudah masuk dalam biaya paket green tour. Sungguh makan malam yang nikmat.

Disini kami akan trekking menyusuri Ihlara Valley, sekitar 7km. Cukup jauh bagi anda yang tak biasa berjalan.

Tapi pemandangan yang disuguhkan sangat Indah, sungai mengalir cukup deras dengan air yang cukup jernih. Kiri kanan adalah bukit bebatuan yang sangat tinggi.

Terlihat ada beberapa lubang-lubang kecil di atas tebing. Menurut informasi dari tour guide, dahulu lubang tersebut adalah tempat persembunyian pemimpin islam ketika jaman perang.

Lalu bagaimana mereka masuk ke lobang itu? Sedangkan letaknya berada diatas dan tidak ada pintu mau pun tangga. Jawabannya, mereka harus mendaki atau rock climbing terlebih dahulu untuk masuk kesana. Lubang itu sengaja dibuat agar musuk susah menebak letak nya.

Disela trekking, terdapat tempat peristirahatan dimana penduduk local menjual orange juice and pome juice di sini. Di Turkey kita akan banyak menemukan para penjual buah jeruk dan pome juice yang sangat segar.

Setelah beristirahat dan puas mengambil beberapa foto, kami melanjutkan perjalanan. Jalur trekking di sini sudah sangat menyenangkan. Namun diujung perjalanan kami harus mendaki 300 anak tangga hingga sampai ke puncak.

Memang cukup menguras tenaga, namun setelah sampai dipuncak, semua terbayarkan. Hamparan padang hijau dengan hembusan angin dicuaca yang sangat sempurna menyebuhkan rasa letih selama perjalanan. Nikmatnya pemandngan Ihlara Valley.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED