Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jul 2017 14:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inikah Pantai Tercantik di Jember?

basri bachtiar
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pasir pantai putih dan batu karang yang cantik
Pasir pantai putih dan batu karang yang cantik
detikTravel Community - Deretan pantai siap memanjakan traveler di Jember. Salah satunya adalah Pantai Papuma yang begitu cantik.

Setiap perjalanan memang terkadang penuh kejutan, menerjang batas dari belahan bumi lain, melewati persawahan nan hijau, jalan berkelok khas pegunungan, melewati runtuhan dedaunan hutan jati yang sedang meranggas, mendaki bukit dan setelah perjalanan panjang itu menemukan ciptaan sang maha kuasa yang sangat sempurna, itulah Pantai Papuma.

Jember, sebuah kota di wilayah Jawa Timur yang letaknya tak jauh dari Surabaya, kurang lebih 5 Jam perjalanan darat. Dari Surabaya bisa menggunakan transportasi bus dari terminal bungurasih ataupun kereta Sri tanjung dari Stasiun Gubeng. Jember yang di kenal dengan adanya Jember Fashion Carnaval (JFC) juga memiliki pesona pantai yang sangat indah salah satunya pantai Papuma.

Pantai Papuma letaknya kurang-lebih 40 km dari pusat kota Jember tepatnya di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Akses jalan menuju Pantai Papuma cukup bagus hanya rusak sedikit ketika memasuki kawasan hutan jati sebelum pintu pos masuk Pantai.

Dari Jember jika tidak membawa kendaraan pribadi bisa menyewa kendaraan mobil ataupun motor karena untuk menuju pantai ini sangat jarang angkutan umum. Untuk masuk ke pantai ini dipungut biaya Rp 15.000/orang.

Pantai Papuma memiliki hamparan pasir putih nan indah, ditambah dengan udara sejuk khas daerah hutan. Di pantai ini pun masih banyak terdapat hewan hewan seperti monyet, landak dan lain-lain karena memang pantai ini masih banyak terdapat hutan milik perhutani. Pantai pasir yang putih membuat kita nyaman untuk sekedar berjemur alias mengeksotiskan kulit.

Suara demburan ombak yang cukup kencang menerpa batu batu karang yang berjajar di sepanjang pantai seketika menghilangan kepenatan selama satu minggu menjalani rutinitas yang ada.

Keindahan Pantai Papuma semakin terlihat ketika kita menaiki sebuah bukit yang terdapat menara buatan perhutani. Bukit ini bernama Sitihinggil. Dari menara ini kita bisa melihat hamparan indah seluruh Pantai Papuma, memandang indahnya batu-batu karang yang menjulang tinggi, memandang luasnya lautan samudera. Dari menara ini kita bisa melihat sebuah pulau besar. Itu bernama pulau Nusa Barong.

Di Pantai Papuma terdapat banyak karang-karang besar. Karang-karang besar ini memiliki nama. Nama-nama karang tersebut seperti Sitihinggil, Batara Guru, Batu Kodok, Kresna, Narada. Dan konon ada batu karang yang denga ketinggian 50 meter yang hanya dapat dicapai ketika air laut sedang surut yang katanya sih merupakan tempat bertapanya Kyai Mataram.

Selain keindahan pantai, Pantai Papuma juga memiliki keindahan hutan sekitar. Untuk yang senang dengan kegiatan tracking, hiking kemping maupun memacu ATV bisa melakukannya semua kawasan pantai ini. Akan tetapi harus hati-hati karena masih banyak hewan hewan liar.

Sebagai kawasan wisata yang sangat indah, fasilitas di pantai ini cukup memadai mulai dari warung-warung makan yang sangat banyak dengan harga yang terjangkau, tempat penginapan yang cukup memadai. Harga penginapan di kawasan ini sekitar 400ribuan per malam atau bisa menyewa tenda dengan harga kurang lebih Rp 100 ribu.

Menikmati pantai ini memang membuat kita sangat ingin berlama lama di tempat ini akan tetapi waktu yang harus memisahkan karena saya harus melanjutkan perjalanan ke tempat lain.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED