Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Jul 2017 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cukup Rp 20 Ribu, Bisa Keliling Kampung Pak Jokowi

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Saat berhenti di depan Bank Indonesia penumpang asyik berfoto bersama bus yang berwarna merah terang ini
Saat berhenti di depan Bank Indonesia penumpang asyik berfoto bersama bus yang berwarna merah terang ini
detikTravel Community - Keliling Solo di akhir pekan, asyiknya naik bus Werkudara. Cukup dengan Rp 20 ribu, traveler akan diantar melihat berbagai sisi Kota Solo.

Bus tingkat wisata Werkudara ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 April 2011. Alasan pemberian nama Werkudara dikarenakan badan bus yang memiliki tinggi 4,5 meter dan memiliki berat 12 ton.

Bus yang beroperasi hanya di hari Sabtu dan Minggu ini dapat dinaiki pengunjung dengan membayar Rp 20.000 per orang sedang untuk rombongan dapat di charter dengan biaya Rp 800.000. Harga tersebut sudah termasuk BBM dan supir, penyewa dapat meminta bus berhenti di mana saja sesuai kesepakatan dengan catatan tidak boleh melebihi 3 jam sewa.

Saat mengunjungi Solo beberapa waktu yang lalu, saya pun mencoba untuk menikmati bus ini. Dengan diantar teman kami menuju Kantor Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota Surakarta di Jalan Menteri Sumpeno No 7 Manahan. Jadwal bus ada 3 kali dalam 1 hari yaitu jam 09.00, jam 12.00 dan 15.00 sore.

Kapasitas bus 54 orang dengan rute Kantor Dishubkominfo di manahan-Jalan A.Yani-Jalan Slamet Riyadi-Sriwedari-Gladag-Balai Kota-Pasar Gede-Jalan Kol Sutarto-Jl Ir Sutami-Jurug.

Selama perjalanan bus akan berhenti 2 kali. Yang pertama turun di depan Bank Indonesia, di tempat ini para penumpang dipersilahkan turun untuk berfoto di depan bus maupun di sekitar gedung Bank Indonesia.Setelah sekitar 10 menit perjalanan dilanjutkan kembali.

Perhentian yang kedua di Jurug, di tempat ini penumpang diminta turun dan bertukar tempat, yang semula duduk di atas dipersilahkan pindah ke bawah. Begitu pula sebaliknya. Rute pulang agak berbeda dari rute berangkat karena ada beberapa tempat yang masih belum steril dari kabel yang bisa berbahaya bagi bus dan penumpangnya.

Yang menarik dari bus wisata ini adalah di bagian atas terdapat jendela yang terbuka sehingga saat bus melewati pepohonan, ranting-ranting pohon akan mengenai beberapa penumpang. Sehingga penumpang yang duduk di bagian ini diharapkan untuk berhati-hati dan tidak mengeluarkan anggota badan.

Adanya pemandu wisata yang menjelaskan tempat-tempat menarik yang dilewati juga menjadi nilai tambah tersendiri. Sehingga para penumpang memperoleh informasi yang mungkin belum banyak diketahui.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Wanita yang Mandi Darah

Rabu, 16 Agu 2017 07:15 WIB

Nama Kastil Cachtice mungkin masih asing di telinga. Sejarahnya bisa bikin merinding, karena dulunya tempat mandi darah para gadis!

Foto: Manusia Topeng dari Afrika

Rabu, 16 Agu 2017 17:30 WIB

Mungkin, sekilas warga yang tinggal di kawasan Burkina Faso ini terlihat menyeramkan. Setiap hari, mereka menggunakan topeng yang bentuknya abstrak!