Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Agu 2017 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kawah Putih Memang Asyik Buat Foto-foto

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Kawah Putih dengan air danau yang berwarna putih dengan kepulan asap di atasnya. Cantik!
Kawah Putih dengan air danau yang berwarna putih dengan kepulan asap di atasnya. Cantik!
detikTravel Community -

Meski disebut kota metropolitan kedua, Bandung tak kehilangan pesonanya. Sebaliknya, kota ini kaya akan keindahan alamnya.

Terletak di Desa Ciwidey sekitar 50KM dari kota Bandung ke arah selatan. Kawah Putih merupakan danau yang terjadi akibat letusan Gunung Patuha. Gunung yang termasuk Stratovolcano Tipe B ini berdasarkan catatan terakhir meletus pada abad ke-13.

Sesuai dengan namanya, air danau Kawah Putih berwarna putih kehijauan dan bisa berubah warna tergantung kandungan belerang, suhu, dan cuaca. Tidak hanya air danau yang berwarna putih, tanahnya juga berwarna putih akibat tercampur dengan unsur belerang.

Pesona Kawah Putih terungkap oleh seorang ahli botani berkebangsaan Jerman yang datang ke area ini pada tahun 1837 untuk melakukan penelitian. Dr Franz Wilhelm, sang peneliti tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang pada saat itu dianggap angker oleh masyarakat setempat. Di puncak gunung beliau melihat keberadaan sebuah danau berwarna putih yang indah dengan bau belerang yang menyengat.

Sejak saat itu Kawah Putih menjadi terkenal. Pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata.

Berada di area pegunungan dengan ketinggian sekitar 2400 meter di atas permukaan laut, membuat suhunya cenderung dingin. Bahkan terkadang bisa mencapai 8 derajat celcius. Untuk itu jangan lupa untuk membawa baju hangat beserta masker bila berkunjung ke sini.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni Rp 15 ribu per orang. Untuk menuju ke kawah tersedia kendaraan yang di sebut Ontang Anting dengan kapasitas sekitar 12 orang. Harga sewa tiketnya Rp 13 ribu per orang untuk pulang pergi.

Akses kesini sangat mudah sekali bisa di tempuh dengan angkutan umum. Dari terminal Leuwi Panjang naiklah angkot menuju terminal Ciwidey. Setelahnya naik angkot lagi menuju Situ Patenggang dan langsung bisa turun di depan gerbang Kawah Putih.

Tunggu apalagi traveler, ayo datang dan nikmati pesona keindahan Kawah Putih!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.