Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Sep 2017 15:37 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menelusuri Pulau Jodoh di Waduk Jatiluhur

Rizki Ramadan
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Sisa bekas bangunan di Pulau Jodoh
Sisa bekas bangunan di Pulau Jodoh
detikTravel Community - Tahukah kamu, di tengah Waduk Jatiluhur ada satu pulau yang punya nama unik: Pulau Jodoh. Kamu bisa berkunjung ke sini saat libur akhir pekan esok hari.

Entah apa makna di balik nama pulau ini disematkan. Pulau kosong berukuran kecil ini berada di tengah-tengah Waduk Jatiluhur. Pulau Jodoh, begitulah penduduk lokal menamakannya.

Saya menggunakan perahu untuk mencapai pulau ini. Perahu yang saya tumpangi berlayar di antara luasnya perairan Waduk Jatiluhur selama kurang lebih setengah jam. Awan kelabu menutupi sebagian atas langit Jatiluhur, membuat suasana sedikit berkabut.

Di sekeliling waduk ini, perbukitan hijau menjulang berjejeran. Tidak lama, sampailah kami di pulau yang dari kejauhan hanya tampak pepohonan berdaun rindang dan beberapa tanaman bambu. Pulau ini berukuran kecil sekali.

Rerumputan tumbuh kering di pinggirannya. Saya mendarat lalu mengelilingi sebentar. Di sana ada dua ruangan kecil seperti bekas toilet, tiang dengan bendera yang lusuh, ayunan, dan bekas bangunan semi permanen yang sudah berantakan bentuknya.

Saya berasumsi pulau ini sering dijadikan tempat berkemah oleh warga sekitar, melihat bekas pembakaran kayu-kayu di sekitaran.

Pemandangan di pulau ini cukup indah, dengan latar perairan yang sedikit berombak, kapal perahu bergerak kesana kemari, dan perbukitan yang terhampar di sekitaran ditimpali kabut awan yang halus. Seolah berada di tempat antah berantah.

Menikmati keindahan alam yang lestari. Yuk, berlibur ke Pulau Jodoh!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.