Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Sep 2017 14:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesta Durian di Klaten

Rizky Pradhana Nusantara
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Banyak durian yang akan dijual
Banyak durian yang akan dijual
detikTravel Community - Traveler penikmat durian yang lagi liburan ke Klaten, jangan lewatkan kesempatan mampir ke Rumah Durian. Nikmatilah durian-durian lezat di sana.

Musim durian sudah mulai merebak. Pesona Buah durian memang masih menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang yang menyukainya. Walaupun, ada juga sebagian orang yang tak suka dengan aromanya.

Karena musim durian inilah saya dan sekeluarga pergi ke Dusun Bagor, Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, tepatnya di rumah ibu Sunarni yang sudah dikenal sebagai pos penjual durian di wilayah ini.

Sebelum menuju ke rumah beliau, kami berjalan-jalan terlebih dahulu ke sebuah perkebunan yang dikelolanya. Perkebunan yang cukup luas dan rindang yang membuat semua orang akan merasa betah berlama-lama di sini. Apalagi, matahari begitu terik menyengat kulit.

Di kebun ini kami bertemu dengan pemiliknya yang kebetulan sedang pergi ke kebun. Dia menawarkan durian dengan harga yang bervariasi. Bahkan kita bisa memilih durian mana yang akan kita beli dan beliau akan dengan senang hati mengambil durian tersebut langsung dari kebunnya. Durian di sini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan rumah durian yang lainnya.

Setelah puas berada di kebun. Kami semua memutuskan untuk berkunjung ke rumah Bu Sunarni yang menjadi kiblat dari Rumah Durian. Dengan parkir yang cukup luas, kami disambut dengan ramah oleh beliau. Beberapa durian pun sudah tersaji, seakan melambaikan tangan dan mempersilahkan kami untuk masuk.Tanpa basa-basi, Bu Sunarni langsung membuka salah satu Durian dan menyuruh kami untuk mencicipinya.

Keramahan Bu Sunarni, membuat suasana mencair begitu saja. Gelak tawa pun tersaji di tengah-tengah perbincangan kami dengan Bu Sunarni yang menyakan banyak hal tentang kebun dan durian yang ternyata tidak hanya diambil dari kebunnya sendiri melainkan ada juga dari kebun orang lain.

Kami pun dianggap sebagai seorang saudara jauh yang sedang berkunjung. Beberapa gelas air putih disediakan untuk kami yang tanpa sadar telah menghabiskan 3 buah Durian yang berukuran besar.

Rasanya begitu legit dan membuat kami ketagihan untuk makan lagi, dan lagi. Ada Durian lokal, durian mentega, dan juga yang paling digemari durian montong dijual dengan harga kisaran Rp 20 ribu sampai 100 ribu. Tergantung dari jenis dan ukuran buah durian itu sendiri.

Ciri khas yang menonjol dari durian montong adalah buahnya yang berwarna kuning keemasan dengan rasa yang tidak terlalu manis dan bertekstur lembut. Daging buah ini agak tebal, walau agak sedikit susah untuk dibuka. Namun, memiliki isi yang cukup banyak.

Bu Sunarni tidak hanya menjual durian saja. Beliau juga menjual buah lainya yang menjadi ladang usahanya saat durian belum musim. Buah lainnya pun juga tak kalah enak.

Bu Sunarni benar-benar merawat buah-buah dengan penuh cinta dan kasih sayang, sehingga menghasilkan rasa yang benar-benar tertinggal di hati. Setelah proses tawar-menawar yang cukup panjang akhirnya, kami mendapatkan harga yang cukup dengan buah yang lumayan besar.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mari Kita Jaga Badak Jawa

Jumat, 22 Sep 2017 18:50 WIB

Bertepatan dengan Hari Badak Sedunia, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengajak semua pihak peduli keberadaan badak Jawa. Yuk!