Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Des 2017 10:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ajaibnya Pontianak, Ada Telur Bisa Berdiri Tegak

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 3 dari 3
Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa
detikTravel Community -

Setiap 2 kali dalam setahun, di Kota Pontianak akan terjadi fenomena alam yang cukup ajaib. Telur-telur bisa berdiri dengan tegak. Kok bisa?

Apa yang istimewa dari Pontianak? Banyak! Di antaranya, Pontianak dilewati garis khatulistiwa dan terjadi titik kulminasi matahari dua kali dalam setahun.

Titik kulminasi matahari adalah fenomena alam saat matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu, posisi matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi.

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan Tugu Khatulistiwa tidak tampak selama beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Begitu pun dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Peristiwa titik kulminasi matahari ini terjadi dua kali dalam setahun, yaitu antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Fenomena ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kehadiran wisatawan.

Selain itu, wisatawan suka mencoba mendirikan telur di garis khatulistiwa di dekat tugu. Saat berkunjung ke sana, saya mencoba mendirikan telur ayam yang disediakan petugas penjaga tugu. Seorang wisawatan asal Singapore berhasil melakukannya, tetapi saya tidak.

Mengenai fenomena telur yang bisa berdiri ketika diletakkan di garis khatulitsiwa, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) menyatakan belum ada penelitian ilmiah tentang hal itu. Walau begitu, atraksi mendirikan telur di garis khatulistiwa ini sangat menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Pontianak. Mau coba?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA