Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Okt 2017 09:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Toilet Mewah ala Lawang Sewu

Edy Rolan
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Komplek Bangunan NIS atau Lawang Sewu, Semarang
Komplek Bangunan NIS atau Lawang Sewu, Semarang
detikTravel Community - Kalau liburan ke Semarang, kurang greget bila tidak mampir ke bangunan kuno bernama Lawang Sewu. Yang perlu traveler tahu, ternyata toilet Lawang Sewu mewah.

Konon, dahulu Lawang Sewu adalah kantor pusat maskapai perkeretaapian Hindia Belanda di Indonesia (NIS= Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij). Bangunan kantor NIS ini didesain arsitektur Belanda, Cosman Citroen dibantu oleh firma arsitektur ternama Belanda, Professor arsitektur Jacob Frederik Klinkhamer dengan mitranya Bert Johan Ouendag.

Tema yang mereka aplikasikan adalah mode New-Indies yakni bangunan yang perpaduan antara arsitektur modern Eropa dengan tradisional dan sedikit Art-Deco. Teknologi konstruksi bangunan konon sedapat mungkin ramah terhadap iklim tropis Indonesia yang cenderung panas dan hujan.

Kantor NIS mulai dibangun tahun 1904 dan bangunan utama selesai pada tahun 1907 sedangkan keseluruhan komplek bangunan selesai pada tahun 1919. Bangunan perkantoran NIS yang unik adalah bangunan toilet mewah yang terletak tak jauh dari plakat sejarah dan layout Lawang Sewu dan Rumah Sumur dekat dengan pintu masuk bangunan menghadap Tugu Muda Semarang.

Pegawai NIS konon khusus laki-laki, sehingga hanya ada toilet pria kita temukan saat berkunjung ke sini. Penempatan toilet terpisah dari bangunan utama dan letaknya di belakang. Itulah mengapa dahulu bila dikatakan 'mau ke belakang' pada zaman itu, artinya sama dengan mau ke toilet.

Bangunan toilet mewah memiliki tembok bata yang diglasur buatan pabrik batu bata dan cerobong asap ternama Belanda yakni, Canoy Herfkens dulunya berkedudukan di distrik Venlo, Tegelen, Belanda. Kemudian empat unit wastafel dan ubin atau tegel masih orisinal dari Belanda buatan pabrik tegel dan sanitari Van Den Berg, Belanda.

Kemudian urinal diimpor khusus dari Inggris, urinal ala Victorian merek the Adamant sesuai dengan tema toilet ala Victorian. Menurut yang saya ketahui urinal antik ini yang bermerk "The Adamant" selain di Lawang Sewu dapat juga ditemui di bangunan toilet yang diklaim sebagai bangunan toilet terindah di dunia dan dikagumi oleh Pangeran Charles yakni di Rosethal, Glasgow.

Sumber air untuk toilet ini berasal dari Rumah Sumur yang menurut pemandu wisata diklaim memiliki kedalaman sekitar 1.000 meter namun belum pernah diukur secara pasti.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.