Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jan 2018 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sudah Tahu Isi Museum Bank Mandiri Belum?

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Peralatan bank di Museum Bank Mandiri
Peralatan bank di Museum Bank Mandiri
detikTravel Community - Museum Bank Mandiri menjadi salah satu destinasi wisata yang ditawarkan di kawasan Kota Tua Jakarta. Sudah tahu belum isinya seperti apa?

Museum ini tepatnya beralamat di Jalan Lapangan Stasiun No.1 Jakarta Barat, DKI Jakarta. Berada tepat di seberang halte Transjakarta dan tidak jauh dari Stasiun Kota Tua.

Sejarahnya, gedung museum ini dulunya dibangun pada tahun 1929 sebagai gedung Nederlandshe Handel-Maatschappij (NHM) sebuah perusahaan dagang milik Belanda di bidang perbankan.

Gedungnya dirancang oleh 3 arsitek Belanda, yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. Van de Linde dengan arsitektur Niew Zakelijk atau Art Deco Klasik.

Gedung ini kemudian menjadi gedung kantor Bank Koperasi Tani dan Nelayan Urusan Ekspor Impor pada tahun 1960 ketika NHM dinasionalisasi menjadi perusahaan Indonesia. Hingga akhirnya pada tahun 1999 Bank Ekspor Impor Indonesia ini legal merger dengan Bank Mandiri dan gedung ini pun menjadi aset Bank Mandiri.

Di dalam Museum Bank Mandiri ini terdapat berbagai macam barang-barang koleksi yang berkaitan dengan perbankan tempo dulu dan perkembangannya.

Beberapa di antara barang koleksinya tersebut yaitu bagan yang menceritakan sejarah singkat Bank Mandiri, kemudian beberapa koleksi surat berharga seperti sertifikat deposito, cek, obligasi, saham, hingga beberapa foto dan dokumen menarik lainnya yang berkaitan dengan Museum Bank Mandiri.

Selain itu, di sini juga terdapat berbagai barang-barang yang membantu proses perbankan, seperti mesin ketik, mesin penghitung uang logam, kalkulator, mesin pembukuan, hingga mesin atm tua yang bentuknya sangat unik dan jauh berbeda dengan mesin atm saat ini.

Asyiknya lagi, di dalam museum ini juga terdapat berbagai diorama yang menggambarkan kegiatan ekonomi seperti kisah perdagangan Indonesia pada jaman kerajaan, kemudian diorama menabung dengan berbagai celengan, hingga diorama kegiatan perbankan jaman dahulu.

Uniknya, di ruangan depan juga terdapat satu ruangan yang bertuliskan Kassier China. Ternyata sejak zaman dahulu orang-orang Tionghoa dikenal pandai, khususnya dalam hal penghitungan uang, maka dari itu pihak Belanda mempekerjakan etnis Tionghoa di bagian tersebut.

Mengunjungi museum ini rasanya sangat menambah ilmu pengetahuan tentang perbankan dan sejarah Bank Mandiri. Selain itu cara penyajian museumnya yang menarik membuat kunjungan saya ke museum ini rasanya sangat menyenangkan.


BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED